UNS Berhasil Menyelenggarakan Upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2022

Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022 pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di Stadion UNS.

Upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dihadiri oleh rektor, Senat Akademik-Majelis Wali Amanat (SA-MWA), jajaran wakil rektor, dekan, serta wakil dekan dari tiap fakultas.

Tahun ini UNS menerima 10.409 mahasiswa yang terdiri dari 224 mahasiswa program diploma dan mahasiswa program sarjana atau Strata 1 (S1) berjumlah 10.185 orang.

Antusias mahasiswa baru terlihat dengan jelas, salah satunya Logiana mahasiswa Pendidikan Seni Rupa yang mengatakan bahwa dirinya berangkat dari rumah pukul 06.00 WIB. “Aku jam 6 pagi udah berangkat, tapi ya jarak rumahnya lumayan karena dari Karanganyar,” ujarnya.

Sebelum upacara dimulai, mahasiswa baru menempatkan diri sesuai barisan fakultas kemudian rektor beserta jajarannya memasuki lapangan. Upacara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars UNS yang dibawakan oleh tim paduan suara Voca Erudita UNS.

Setelahnya upacara dilanjutkan dengan pembacaan laporan penerimaan mahasiswa baru dari Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta pembacaan Keputusan Rektor mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023.

Kemudian dilanjut dengan penyerahan nama-nama mahasiswa baru kepada dekan masing-masing fakultas dan momen yang paling ditunggu yaitu penyerahan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada 14 perwakilan mahasiswa baru oleh masing-masing dekan fakultas.

Jamal Wiwoho selaku rektor menyampaikan bahwa mahasiswa yang bisa masuk UNS adalah orang-orang beruntung. “Tingkat keketatan masuk ke Universitas Sebelas Maret tidaklah mudah yaitu 1:16,” ujar rektor dalam sambutannya.  

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa UNS merupakan perguruan tinggi yang otonom, ia berharap dalam sebuah progres UNS akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing yang unggul.

Acara terakhir yaitu para mahasiswa baru dipersilakan untuk foto bersama dengan rektor beserta dekan dari masing-masing fakultas. Setelah berakhirnya sesi foto, mahasiswa baru dipersilahkan melanjutkan kegiatan sesuai dengan arahan panitia PKKMB.

Panitia maupun peserta berharap PKKMB tahun ini dapat berjalan dengan lancar. “Harapannya, semoga keberlangsungan PKKMB ini berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan tidak ada kendala suatu apapun yang berarti dan semoga bisa menjadi gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan kampus,” ujar Mahardika selaku panitia PKKMB UNS tahun 2022.

Eri_

Syahla_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.