Pengabdian dan Edukasi HMP Kovalen di Sragen

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia “Kovalen” mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Kovalen Care X di Desa Jabung, Plupuh, Sragen pada Sabtu (14/05). Kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkaian berupa sosialisasi, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan lomba membaca di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ).

“Kovalen Care X merupakan salah satu kegiatan tahunan dalam skala nasional yang diselenggarakan oleh HMP Kimia Kovalen,” jelas M.Iqbal Juniardi, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia “Kovalen” (HMP Kimia Kovalen).

Kovalen Care X tahun ini dilaksanakan di Balai Desa Jabung, Plupuh, Sragen.

Kepala Desa dan masyarakat memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan Kovalen Care X yang dilaksanakan di Desa Jabung tersebut.

“Saya merasa senang karena dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan wawasan terkait pemanfaatan sekam padi untuk pembuatan arang aktif  dan sebagai media penjernihan minyak goreng jelantah, apalagi sekarang kan harga minyak cenderung mahal,” ucap Triyono selaku Kepada Desa Jabung.

Antusiasme masyarakat Desa Jabung dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang hadir mengikuti serangkaian acara pada kegiatan Kovalen Care X tersebut.

Alasan yang mendasari dipilihnya Desa Jabung dalam pelaksanaan Kovalen Care X ini karena Desa Jabung merupakan salah satu desa di wilayah Sragen yang paling merasakan dampak pandemi Covid-19.

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Jabung adalah sebagai pengusaha batik. “Dari yang awalnya terdapat  80 pengusaha batik di Desa Jabung sekarang hanya tinggal 40 pengusaha batik yang aktif dikarenakan oleh dampak yang timbul karena pandemi,” tutur Triyono.

Kegiatan Kovalen Care X yang mengusung jargon “Tebarkan Kepedulian, Ciptakan Kebersamaan” ini dilaksanakan dengan serangkaian acara yang salah satunya adalah sosialisasi kepada masyarakat dengan mengusung tema “Pembuatan Arang Aktif dari Sekam Padi dan Pemanfaatannya untuk Penjernihan Minyak Jelantah sebagai Bekal Wirausaha Masyarakat Desa Jabung”.

Ketua HMP Kimia Kovalen menyatakan tema sosialisasi tersebut dipilih karena dirasa sesuai dengan potensi sumber daya alam yang terdapat di Desa Jabung.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyuluhan mengenai pola hidup sehat yang dikemas dengan tajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan Kovalen Care X ini ditutup dengan penyerahan bantuan sosial berupa sembako dan pakaian yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan serta pengumuman juara dan penyerahan hadiah bagi juara lomba membaca di TPA/TPQ yang telah diselenggarakan.

Amar_

Alif_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.