Home Fotografi Museum Radya Pustaka: Museum Tertua yang Masih Eksis Hingga Kini

Museum Radya Pustaka: Museum Tertua yang Masih Eksis Hingga Kini

by admin
0 comment

Solo, LPMMOTIVASI.COM – Museum Radya Pustaka masih menarik banyak pengunjung dengan koleksinya yang unik dan beragam.

Museum Radya Pustaka ini terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 275, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Museum tertua di Indonesia ini didirikan oleh Patih Dalem K. R. A. Sosrodiningrat IV pada 28 Oktober 1890. Bangunan museum ini terbilang unik dengan gaya arsitektur Belanda yang masih dipertahankan.

Museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan. Terdapat ruang arca, perpustakaan, koridor, teras ruang depan, ruang tosan aji, ruang keramik, ruang perunggu, ruang manuscript, ruang tengah, Canthik Rajamala, ruang belakang, dan pawukon.

Banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah yang tersimpan dalam museum ini. Seperti topeng, patung, piala, arca, keris, bermacam-macam wayang, hingga gamelan pun tersimpan rapi di dalam Museum Radya Pustaka ini. Selain itu ada juga miniatur-miniatur bangunan seperti masjid Demak, makam Imogiri, dan lain sebagainya.

Diantara banyaknya koleksi yang tersimpan dalam museum ini, terdapat satu koleksi yang paling menarik banyak minat pengunjung, yaitu Canthik Rajamala. Canthik Rajamala yang memiliki bentuk raksasa berambut ini merupakan bagian depan perahu yang dipercaya mampu memberikan keselamatan dari berbagai bahaya untuk perahu yag dulu digunakan oleh Sri Sultan Pakubuwono IV di Sungai Bengawan Solo.

Ulya_

Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya

Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment