Mahasiswa KKN UNS Gedangan Merenovasi Pos Ronda Menjadi Pojok Baca

Pos ronda Dukuh Ngemplak, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang sudah tidak terpakai, direnovasi oleh Tim KKN UNS menjadi tempat pojok baca bagi anak-anak desa Gedangan. Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja utama bagi tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) di wilayah Gedangan.

Pembuatan pojok baca ini diharapkan dapat memfasilitasi anak-anak Desa Gedangan untuk belajar dan meningkatkan literasi anak-anak Desa Gedangan.

Berlian Ayu selaku koordinator kelompok 222 KKN UNS menjelaskan anak-anak Desa Gedangan senang bermain handphone dengan teman seusia sampai lupa waktu dan orang tua juga tidak terlalu mengontrol anaknya karena tekanan ekonomi yang mengharuskan bekerja.

“Kami membuat pojok baca agar anak-anak lebih terkontrol dan dapat memanfaatkan waktu dengan hal baik, salah satunya membaca buku,” ujarnya pada hari Jumat, (20/8).

Diah Nursita sebagai penanggungjawab proker pojok baca beserta 8 anggota lainnya yaitu Arya Adi Bintoro, Astri Nurmala Sari, Aura Shalsabilla, Aurys Riliya M, Berlian Ayu, Brelyan Amelia, Fudiana L, dan Irfan Muhammad di bawah bimbingan Muhammad Sabandi selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mampu merenovasi pos ronda menjadi pojok baca yang diminati anak-anak Desa Gedangan dalam waktu satu pekan

Pojok baca Desa Gedangan memiliki berbagai macam koleksi buku. Fokus koleksi buku bacaan di pojok baca ini ditujukan untuk anak usia 3-12 tahun. Diharapkan koleksi buku pojok baca inj akan terus bertambah agar minat baca anak-anak Desa Gedangan semakin meningkat.

Diah mengatakan ke depannya pojok baca akan diserahkan kepada perangkat desa RW 03  Dukuh Ngemplak agar lebih terjaga dan dapat berkembang dengan lebih baik. “Saya beharap pojok baca bisa menjadi wadah membaca anak-anak usia dini selain dapat dimanfaatkan dengan baik, saya juga berharap pojok baca koleksi buku terus bertambah sehingga wawasan anak juga ikut bertambah,” ungkapnya pada Jumat (20/8).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *