Mahasiswa KKN UNS Adakan Sosialisasi PHBS sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19

LPMMOTIVASI.COM- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa 272 Sragen mengadakan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan Covid-19 dengan penerapan PBHS, penerapan protokol kesehatan yang benar dan tepat, juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

Pada wawancara yang dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2021 dengan Budiyanto selaku Lurah Plumbungan, beliau menyatakan bahwa makin menurunnya motivasi dan kesadaran akan pentingnya vaksin, penerapan protokol kesehatan, dan PHBS pada warga di rentang umur 50 tahun ke atas.

Kondisi tersebut membuat pihak kelurahan harus memberikan penyuluhan secara langsung dan penjemputan lansia untuk berpartisipasi dalam program vaksiniasi. Hal ini membuktikan bahwa kewaspadaan masyarakat akan wabah Covid-19 mulai berkurang seiring berjalannya waktu. Selain itu, masyarakat juga mulai merasa jenuh akan kebijakan-kebijakan yang terus berubah sepanjang waktu.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, tim KKN 272 UNS menginformasikan cara dan upaya yang dapat ditempuh untuk dapat terhindar dari Covid-19 yang dijelaskan oleh Revi Gama Hatta Novika sebagai pembicara. Beliau merupakan salah satu anggota Konsorsium Covid-19 dan Vaksin Indonesia – Badan Riset Inovasi Nasional serta staf pengajar fakultas kedokteran UNS.

Selain melaksanakan sosialisasi, tim KKN ini juga memberikan New Normal Starter Kit kepada peserta undangan yang hadir. Peserta yang hadir sangat antusias akan adanya sosialisasi ini. Banyak pertanyaan yang terlontar untuk memastikan kebenaran informasi yang beredar. Setiap orang yang bertanya kepada pembicara akan diberikan doorprize oleh panitia.

Kelompok KKN 272 dari UNS ini terdiri dari Hafidh Dian Trinuryani (PGSD) sebagai ketua kelompok, Mohammad Feri Susanto (Manajemen), Margaretha Halim (Sastra Inggris), Lailatul Syafa’ah (Pendidikan Administrasi Perkantoran), dan Mar’atul Hidayah (Pendidikan Kewarganegaraan). Juga Muhammad Rifqi Devino (Teknik Mesin), Margareta Dany Ekawati (Hukum), Khuzamy Aulia C (Agribisnis), Mohammad Taufikur Ramadhan (Ekonomi Pembangunan), dan Yudith Gonzales Tiasarimurti (Pendidikan Ekonomi) dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Agus Tri Susilo.

Harapan adanya sosialisasi ini ialah untuk membuka pandangan masyarakat sekitar Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen akan pentingnya perilaku hidup bersih sehat. Juga agar warga sekitar dapat menjaga diri dari kuman dan virus untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, sehingga muncul kekebalan secara berkelompok atau yang sering disebut dengan Herd Immunity.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *