Kejelasan Hadiah Lomba Dies Natalis UNS Temui Titik Terang

LPMMOTIVASI.COM- Salah satu kegiatan dalam rangka dies natalis ke-45 UNS yang diselenggarakan adalah lomba. Namun, kejelasan dan keterlambatan penerimaan hadiah untuk peserta lomba menjadi kebingungan.

Dies Natalis UNS merupakan suatu bentuk perayaan tentang lahirnya Universitas Sebelas Maret (UNS) yang pada tahun ini diisi dengan kegiatan perlombaan yang bermacam – macam. Adanya pandemi Covid-19 ini, serangkaian kegiatan dilakukan secara online.

Kebingungan tentang serangkaian kegiatan Dies Natalis ini ada pada Asep -bukan nama sebenarnya- menanyakan kejelasan terkait hadiah yang di terima saat mengikuti lomba dalam rangka Dies Natalis UNS yaitu International Content Creator For Social Media yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret dengan kategori video reportase. Ia mengatakan bahwa narahubung yang dihubungi saat Asep menanyakan hadiah tidak mengetahui kelanjutan mengenai hadiah tersebut, karena ia hanya ditunjuk sebagai narahubung bukan panitia dari acara. Kegiatan ini diadakan oleh pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) pusat, tetapi wewenang berada pada fakultas masing-masing. Setelah tidak mendapatkan kejelasan dari narahubung di poster terkait hadiah lomba, Asep menghubungi UNS pusat, dari pusat menyatakan bahwa hal mengenai hadiah sudah dilimpahkan ke fakultas masing-masing. Kemudian Asep menghubungi kembali dan melapor kepada contact person yang terdapat di poster lomba jika dia diarahkan untuk menghubungi salah satu dosen. 

“Setelah itu saya laporan lagi ke contact person kalau harus menghubungi salah satu dosen. Kemudian saya diberi kontaknya untuk saya yang menanyakan sendiri perihal hadiah tersebut. Setelah saya mencoba menghubungi, memang benar hadiahnya dari pusat, panitia juga sedang menunggu prosesnya,’’ ujar Asep saat diwawancara melalui google meet (27/07).

Kurang lebih 2 bulan kejelasan mengenai hadiah belum ada titik terangnya. Menurut keterangan Asep, ia telah menghubungi ketua panitia lomba beberapa kali. Pertama kali ia menghubungi ketua panitia tengah sakit. Lebih lanjut setelah konfirmasi ulang panitia lomba mengatakan bahwa belum ada progres dari pusat mengenai hadiah lomba tersebut. Pada sekitar bulan Mei, Asep kembali menanyakan kejelasan kepada panitia. Pada saat itu pihak panitia mengatakan bahwa prosesnya sudah diserahkan pada bagian perencanaan namun belum sampai pada bagian keuangan, namun progresnya terhambat karena UNS sedang menerapkan lockdown.

Eleonora Ushuaia selaku contact person lomba mengatakan bahwa pihaknya juga kurang mendapat informasi lebih tentang pengumuman penemang lomba dan mekanisme penerimaan hadiah.

”Ya Saya sendiri merasa kurang bertanggungjawab sih emang, harusnya lebih mencari informasi. Tapi Saya fikir biasanya kan kalau seperti itu dari yang mengkoordinir langsung memberitau digrup gitu kan, ini pengumuman tanggal sekian-sekian gitu, tapi ternyata tiba-tiba pengumuman,” terang Eleonora.

Kejadian yang menimpa Asep juga dirasakan oleh Adam Abiyyu yang mengikuti lomba poster digital tentang pemanfaatan teknologi di masa pandemi. Ia mengatakan bahwa setelah pengumuman pemenang yang disampaikan di acara penutupan Dies Natalis ke-45 di Youtube, ia menunggu narahubung untuk menghubunginya. Tetapi setelah 1 minggu berlalu, narahubung belum juga menghubunginya. Adam memutuskan untuk menghubungi contact person yang ada di poster. Adam mengaku sudah tiga kali menghubungi dari pihak contact person yang ada di poster tetapi belum menerima jawaban yang pasti.

Menurut keterangan Adam narahubung dari lomba Dies Natalis mengatakan bahwa ia memang tidak tahu mengenai kelanjutan hadiah untuk para peserta. Narahubung juga sudah membantu menanyakan ke pihak yang mengkoordinasi tetapi dari pihak tersebut mengatakan jika ia juga belum mendapat jawaban yang pasti dari panitia, hanya diminta untuk menunggu saja informasi dari pihak UNS.

Pada tanggal 5 Agustus 2021 kejelasan mengenai hadiah Dies Natalis ke-45 UNS sudah menemui titik terang. Para peserta diminta untuk mengisi Google Form seperti data diri pemenang, nomor rekening dan yang lainnya. Tanggal 10 Agustus 2021 peserta lomba sudah menerima hadiahnya dari pihak UNS.

“Iya tanggal 5 kemarin dikontak pihak UNS nya, salah satu dosen mungkin. Dikasih google form buat isi data pemenang kayak rekening, alamat, dan sebagainya,” ujar Adam melalui google meet (10/07).

Hani_

Rismanda_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *