Kegiatan KKN UNS 2021: Mahasiswa Dorong Perkembangan UMKM Desa Cawas

LPMMOTIVASI.COMUniversitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun 2021, kembali menerjunkan mahasiswanya untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satunya kelompok KKN 106 yang melaksanakan kegiatannya di Dusun Posakan Barat RT 02 RW 10, Desa Cawas, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Kegiatan yang dilakukan yaitu mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terkait dengan pengemasan dan pemasaran produk secara digital.

Sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNS kelompok 106 dilakukan secara langsung ditempat UMKM yang berada di Posakan Barat RT 02 RW 10 yaitu UMKM Gudeg Yogya “Lumintu” dan UMKM Aneka Keripik “AYUT”. Thoriq Kamaludin Jamil selaku perwakilan kelompok KKN UNS 106 menjelaskan bahwa sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk memajukan UMKM di desa.

“Sosialisasi ini bertujuan agar UMKM yang berada di desa ini lebih maju dan lebih dapat dikenal oleh masyarakat luas melalui pengembangan kemasan produk dan digitalisasi UMKM,” ujar Thoriq pada hari Senin, (30/08).

Thoriq Kamaludin juga menambahkan, program kerja mengenai pengembangan UMKM ini dipilih dikarenakan masih tertinggalnya UMKM yang ada di desa tersebut.

“UMKM di desa ini belum mengenal digitalisasi dan pengembangan kemasan, padahal hal tersebut dapat meningkatkan branding mengenai produk UMKM itu sendiri,” imbuhnya.

Pemerintah telah mengupayakan mengenai pemberdayaan UMKM di bidang digital. Terutama pada masa pendemi Covid-19 yang merubah perilaku konsumen dan kompetisi bisnis pelaku usaha. Dalam rangka pengembangan ekonomi digital, pemerintah telah menyusun Strategi Nasional Ekonomi Digital. Strategi ini akan memanfaatkan 4 pilar fondasi untuk mewujudkan ekonomi digital terdepan yang mendorong inklusivitas dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

UMKM Gudeg Yogya “Lumintu” yang baru berdiri sekitar 1 bulan ini  akan didorong untuk mengikuti digitalisasi UMKM dengan memasangkan UMKM ke aplikasi “Gojek” yang bertujuan agar tidak hanya masyarakat sekitar Desa Cawas yang dapat merasakan makanan khas Yogyakarta tersebut, melainkan juga para konsumen yang lebih memilih pesan antar. Wati selaku pemilik UMKM Gudeg Lumintu menjelaskan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu UMKM di Desa.

“Wah terima kasih banyak, Mas dan Mbak. Saya rencananya juga mau bergabung dengan GoFood danGrabFood, cuma belum tau caranya dan belum sempat, karena masih baru sekitar satu bulan. Kebetulan ada KKN di sini dan mau mendaftarkan ke GoFood, jadinya pas banget lah terbantu saya,” ujar Wati.

Kemudian UMKM Keripik “Ayut” yang menyediakan berbagai makanan ringan mulai dari keripik pisang, sukun, hingga talas. Kelompok KKN UNS memilih program kerja berupa pengembangan kemasan Produk UMKM.

“Pada UMKM Keripik ini pelaku usaha masih menjual produk dalam bentuk kiloan dan plastik kemasan seadanya, padahal jika dijual dengan kemasan yang menarik dan pemberian label sangat dapat menarik minat para konsumen,”  kata Thoriq.

Kegiatan ini juga sangat didukung oleh warga setempat. Suroto, selaku ketua RT Dusun Posakan menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNS ini dapat langsung tersasar kepada pihak-pihak UMKM di Desa tersebut.

“Karena bisa langsung tersasar ke pihak-pihak yang menjalakan UMKM di Desa Posakan Barat agar perekonomian warga di situ lebih maju dan terarah,” ungkapya.

Kelompok 106 KKN UNS tahun 2021 ini beranggotakan Thoriq Kamaludin Jamil (Ekonomi Pembangunan), Hasna Latifah (Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian), Nadela Triyana Fatwa Chasanah (Ilmu Teknologi Pangan), Ais Latifah Dewanti (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Nur Annisa Baldan (Akuntansi, Transfer), Khoirun Nisa’ (Pendidikan Seni Rupa), Popy Riliandini (Informatika), Rehindar Briaprasyanata (Pendidikan Kepelatihan Olahraga), Destya Nuryandara Fadillah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), dan Ircham Nizar Fadholi (Ekonomi Pembangunan).

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berlangsung pada tanggal 1 Agustus 2021 hingga 31 Agustus 2021 dengan Sudibya selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 106.

Nadela_

Ais_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *