Kampung Batik Kauman

Menurut sejarahnya, dahulu kampung batik kauman merupakan pemukiman para abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang mempertahankan tradisi membatik. Sehingga kini menjadi pusat batik tertua di kota Solo. Kampung Batik Kauman berlokasi tepatnya di Kampung Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah atau tidak jauh dari jalan utama Slamet Riyadi dan jalan Rajiman.

Para wisatawan bisa menuju Kampung Batik Kauman dengan bus Batik Solo Trans (BST). Dibuka pukul 09.00-18.00 dan diharapkan menggunakan becak, sepeda motor atau jalan kaki karena kampung batik ini terletak digang-gang kecil. Lokasi ini menyajikan berbagai spot foto mulai dari bangunan arsitektur kolonial-jawa, joglo dan limasan. Disamping spot foto ada pula kafe-kafe yang menyajikan makanan bagi wisatawan.

Kampung ini memiliki banyak rumah industri batik yang dikelola. Wisatawan bisa membeli batik disana ditambah wisatawan bisa mengunjungi rumah industri batik. Motif yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan motif batik lainnya. Dibandingkan Laweyan, batik di Kauman memiliki motif yang merepresentasikan klasik Kasunanan Surakarta.

Alvia_

Rahma_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.