Harapan Rektor dalam Upacara Peringatan Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret

Upacara Peringatan Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) dilaksanakan pada Kamis (10/03) secara luring dan daring diikuti oleh keluarga besar UNS dan Dharma Wanita Persatuan. Upacara digelar di halaman Gedung Rektorat UNS disertai acara penyerahan piagam penghargaan serta pidato oleh Rektor UNS.

Terdapat penyerahan beberapa piagam penghargaan yaitu piagam pemenang lomba Green Campus antar fakultas, dan juga penyerahan sertifikat UI GreenMetric World University Ranking 2022 kepada Rektor UNS. Selain itu, terdapat penyerahan penghargaan Inovasi serta Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Award LPPM 2022.

Dalam pidatonya, Jamal Wiwoho selaku Rektor UNS mengajak civitas akademika untuk  menghormati para pendiri dan pejabat UNS terdahulu yang telah meletakan dasar-dasar yang kuat untuk mengembangkan UNS, serta komitmen tinggi untuk mengawal perkembangan UNS dari masa ke masa dengan segala dinamika dan tantangan yang ada.

“Rasanya kita patut berbangga karena dengan memegang semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, UNS tumbuh dan berkembang dengan berbagai prestasi dan reputasinya hingga akhirnya mampu bertransformasi mengukuhkan jati dirinya sebagai  Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sejak 6 Oktober 2020,” ucap Jamal. 

Menurutnya, ditengah kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah Indonesia. Sehingga UNS sepantasnya mengambil peran untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan siapa saja melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kehadiran kita sebagai kaum intelektual adalah hadir dan memberi solusi bukan justru menjadi bagian dari masalah,” ungkap Jamal.

Tak hanya itu, Jamal menambahkan bahwa sepantasnya kita meninggalkan hiruk pikuk kegiatan yang tidak perlu dan tidak relevan. “Sudah saatnya kita bergerak bersama untuk mengarahkan fokus perhatian UNS pada program-program yang keberhasilannya menghasilkan dampak positif bagi kelangsungan kehidupan bangsa  Indonesia,” ucap Jamal.

Jamal mengungkapkan bahwa langkah tersebut harus ditempuh dan menjadi budaya keilmuan insan akademik di UNS jika tidak ingin kehilangan marwah pendidikan tingginya.

“Untuk merealisasikan keinginan tersebut, mulai Dies Natalis 2022 ini pihak UNS akan mentradisikan untuk memberi penghargaan kepada para dosen yang berkinerja sangat baik dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, serta penghargaan kepada para inovator dan kreator terproduktif untuk kategori paten dan intelektual tahun 2022,” ungkap Jamal.

Harapannya dengan pemberian penghargaan tersebut akan memotivasi para dosen untuk lebih produktif dalam berkarya, memberikan sumbangsih keilmuan kepada kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Jamal juga mengajak partisipasi seluruh civitas akademika UNS untuk hadir secara luring ataupun daring pada Sidang Terbuka Senat Akademik dalam rangka Dies Natalis ke-46, yang didalamnya akan ada peresmian Gedung UNS Tower, Gedung UNS di Kabupaten Madiun, serta pembukaan pameran industri kreatif UNS di Solo Technopark yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri dan pejabat pemerintahan.

Ucapan terima kasih tidak luput disampaikan olehnya atas kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas Bapak/Ibu, dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi yang terbaik untuk kemajuan dan kejayaan UNS.

Kezia_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.