Forest Gump (1994)

Pemain : Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise, Mykelti Williamson, Sally Field

Sutradara : Robert Zemeckis

Produser : Wendy Finerman, Steve Starkey, Steve Tisch

Produksi : Paramount Pictures

Durasi     : 142 menit

Tahun : 1994

Film “Forest Gump” bercerita tentang kisah hidup pria dari Alabama Bernama Forest Gump (Tom Hanks) yang merupakan seorang pria dengan IQ 75 sehingga bisa dianggap dibawah rata-rata.

Karena hal itu pula lah Forest kecil selalu diremeskan orang-orang. Contohnya Ketika dia tidak diterima oleh kepala sekolah suatu sekolah dasar negeri karena dianggap berbeda.

Namun dengan perjuangan ibu (Sally Field) yang sangat menyayanginya dia akhirnya diperbolehkan untuk bersekolah disekolah negeri. Ibunya pun pernah berpesan bahwa jangan pernah membiarkan orang lain menganggap bahwa mereka lebih baik dari dirinya semua orang dilahirkan sama.

Memasuki Sekolah Dasar, Forest bertemu dengan seorang anak perempuan Bernama Jenny (Robin Wright) yang hidup Bersama ayahnya yang jahat. Sejak pertemuan itu mereka menjadi teman akrab yang selalu bersama, bahkan Forest mengibaratkan hubungan mereka seperti  peas and carrots.

Forest sendiri sangat mencintai Jenny. Satu kelebihan dari Forest adalah larinya yang cepat. Saat SMA Ketika dia diganggu oleh teman-temannya Jenny meminta untuk Forest berlari, dia berlari hingga memasuki lapangan pertandingan American football.

Hal itu membuat pelatih tim  universitas Alabama tertarik dan langsung merekrutnya. Sukses dengan American football dan kuliah, dia kemudian direkrut menjadi bagian dari Angkatan darat Amerika.

Di AD Amerika Forest bertemu dengan sahabatnya Bubba Blue (Mykelti Williamson) yang terobsesi untuk menjadi kapten kapal penangkap udang. Bahkan Bubba mengajak Forest untuk ikut bersamanya menjadi penangkap udang setelah tugas mereka di AD selesai.

Disana juga dia bertemu dengan Letnan Dan Taylor (Gary Sinise). Singkat cerita mereka dikirim perang ke Vietnam.

Sialnya peleton mereka yang dipimpin oleh Letnan Dan di bombardir habis-habisan sehingga membuat hampir seluruh peleton tewas termasuk Bubba, sedangkan Letnan Dan yang diselamatkan oleh Forest harus mengalami cacat permanen karena kakinya harus diamputasi.

Forest yang juga mengalami luka harus dirawat dan Ketika itu dia diajarkan bermain tenis meja hingga menjadi ahli bahkan bisa berprestasi hingga bermain ke Tiongkok.

Setelah itu Forest menepati janjinya kepada Bubba untuk menjadi nelayan penangkap udang.

Dia pun dibantu oleh Letnan Dan yang pada awalnya mengalami depresi karena kehilangan kakinya. Mereka sukses besar bahkan menjadi milliader.

Namun stelah itu Forest mendapat kabar bahwa bunya sakit sehingga dia meninggalkan semua urusan nelayannya kepada Letnan Dan. Sialnya beberapa hari setelah Forest pulang ke rumahnya di Greenbow Alabama, Ibunya harus meninggalkan Forest untuk selama-lamanya.

Saat hatinya masih terasa sedih bahkan dia tidak Kembali kepada Letnan Dan, Jenny pun tiba-tiba hadir dihadapannya.

Forest tidak tau mengapa Jenny kembali, namun yang pasti dia Bahagia karena bisa Kembali bersamanya seperti peas and carrots kembali.

Di saat itu Forest mengajak Jenny menikah, namun Jenny menolaknya. Walau begitu, saat malam tiba, Jenny mengajak Forest berhubungan badan. Dan saat pagi tiba Jenny malah meninggalkan Forest begitu saja.

Tidak tau harus apa Forest pun memutuskan untuk berlari. Dia berlari selama tiga tahun mengelilingi amerika.

Hingga menjadi sangat terkenal dan memasuki televisi dan meiliki banyak pengikut karena dianggap memberi inspirasi. Forrest yang sadar jika dia tak akan menemukan seseorang dengan hanya berlari akhirnya ia pulang ke Alabama karena capai.

Sesampainya di rumah, dia mendapati surat dari Jenny beserta alamat rumahnya. Dia pun langsung bergegas kesana dan mendapati jeni sudah memilii anak Bernama Forest yang juga merupakan anaknya. Jenny pun bercerita bahwa didalam tubuhnya terdapat virus dan dokter tidak dapat berbuat apa-apa.

Dia pun meminta untuk menikah dengan Forest, dan Forest mengiyakan permintaan wanita yang ia cintai sejak dulu. Setelah melalui hal-hal yang membahagiakan namun singkat akhirnya Jenny pun meninggal dunia.

Kisah film Forest Gump sungguh benar-benar luar biasa. Film ini sungguh memotivasi, imajinatif, menyentuh, lucu, dan indah pada sat waktu yang bersamaan. Walau memiliki durasi film yang cukup panjang, namun tidak membosankan sama sekali.

Semua tokoh diperankan sangat baik, salah satunya adalah karakter Forest Gump yang diperankan oleh Tom Hanks sebagai orang yang memiliki IQ rendah sangat memorable. Saya sendiri tidak memiliki kritik terhadap film ini.

Bahkan tanpa ragu saya bisa mengatakan jika film yang meraih Oscar ini adalah film terbaik yang pernah saya saksikan.

Ridwan_

Sumber Foto : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.