Wisata Kawah Sikidang

lpmmotivasi.com- Kawah Sikidang melompat-lompat, kok bisa? Ya, pada waktu tertentu rata-rata sekali dalam 4 tahun, kolam kawah akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa kuno) yang suka melompat. Itulah yang menjadi asal usul kenapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang. Kawah yang berada di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara ini merupakan salah satu kawah di dataran tinggi Dieng.

 

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng cukup dengan membayar tiket masuk yang merupakan tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp10.000,-. Ini artinya sebelum ke Kawah Sikidang kalian juga bisa menikmati obyek wisata candi dengan satu tiket terusan. Harga yang murah untuk tiga obyek wisata sekaligus. Lokasi Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari jam 07.00-16.00 WIB.

 

Berwisata ke Kawah Sikidang akan menjadi pengalaman baru karena bisa melihat langsung dengan jelas aktivitas vulkanik gunung berapi di kolam kawah tanpa harus mendaki gunung. Warna tanah yang memutih dan aktivitas kawah yang fenomenal sering dijadikan obyek foto oleh pengunjung. Di sana juga terdapat spot-spot foto tertentu yang telah disediakan, dengan membayar Rp. 5000 per spot kalian sudah mendapatkan foto-foto dengan spot yang menarik.

Selain spot foto, terdapat kolam kolam kecil yang dapat dijadikan pengunjung atau warga setempat untuk merebus telur. Unik sekali bukan?. Telur rebus ini juga dijadikan oleh-oleh khas kawah Sikidang oleh warga setempat. Selain makanan, ada juga masyarakat yang menjual bongkahan-bongkahan belerang yang padat sebagai souvenir.

 

 

Desi Arini Dewi Bastian

Pendidikan Luar Biasa

Universitas Sebelas Maret

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *