Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni Tidak Mengurusi Legalisir Ijazah

Lpmmotivasi.com – Wakil Dekan bidang Mahasiswa dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sapta Kunta, mengaku tidak ikut campur terhadap legalisir ijazah bagi alumni. “Legalisir kan ada aturan tertentu bahwa itu yang bisa tanda tangan Dekan saja, tidak bisa diwakilkan.” jelasnya (14/2). Hal ini senada dengan penuturan Lisa, kepala sub bagianKemahasiswaan FKIP, ketika ditemui beberapa hari yang lalu di kantornya (8/2).

Ketika ditanyai solusi mengenai alumni yang membutuhkan legalisir secara mendesak namun Dekan berada di luar kota, Sapto Kunto mengatakan kalau legalisir ijazah sepenuhnya tetap pada Dekan. “Ya tetep intinya Pak Dekan kan ya. Karena ya Pak Dekan paling juga gak lama.” ungkapnya.

Legalisir yang dilakukan pihak Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan ALumni sendiri hanya seputar sertifikat guru, sertifikat kejuaraan atau piagam, dan sebagainya terkecuali ijazah alumni. “Sertifikat kejuaraan atau piagam biasanya yang tau di Bidang 3 (Kemahasiswaan dan Alumni-red). Makanya ketika saya tanda tangan lebih afdol. Berarti saya menjamin bahwa itu sertifikatnya bukan abal-abal atau palsu.” jelasnya. (14/2)

Semua dokumen yang ditandatangani oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebenarnya juga mengatasnamakan Dekan sendiri. “Artinya dampak pimpinan yang itu sebetulnya Dekan. Jadi ketika saya tanda tangan itu saya harus tanggung jawab bahwa ini itu Dekan.” ungkapnya.

Terkait soal perbedaan biaya legalisir yang terjadi pada beberapa alumni, Sapto Kunto mengaku tidak tahu bagaimana biaya legalisir itu ditetapkan. Namun, dirinya menambahkan ada wacana dari Dekan bahwa biaya legalisir akan digratiskan.

Muhammad Firdaus

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *