Upacara Peringatan Hardiknas UNS

lpmmotovasi.com-Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diselengarakan di halaman Gedung dr. Prakosa, UNS (2/5). Peringatan Hardiknas kali ini bertema “Peningkatan Relevansi Perguruan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi” tema ini dipilih untuk menekankan bahwa sekarang ini saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan tridharma pendidikan tinggi lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap perkembangan ekonomi terutama ekonomi di daerah masing-masing.

Terkait dengan tema tersebut dalam pidatonya Prof Ravik Karsidi selaku Rektor mengatakan bahwa tahun ini UNS mulai Agustus nanti akan didirikan sekolah vokasi dengan modal program studi diploma ada 23 program studi yang kita gabung dalam satu manajemen namanya pendidikan vokasi yaitu dalam sekolah vokasi. Ia juga menambahkan bahwa sekolah vokasi ini nantinya akan dipimpin oleh Direktur dan Wakil Direktur, tujuannya untuk mengembangkan pendidikan vokasi yang mix and match dengan industri. “Dengan adanya revitalisasi pendidikan tinggi vokasi ini maka kita harapkan akan dapat menghasilkan tenaga kerja profesional yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh indonesia”. Jelasnya. (2/5)

Ravik juga mengatakan dalam pidatonya bahwa UNS telah menerbitkan jurnal hingga 1135 jurnal, UNS rangking 10 dari 406.500 perguruan tinggi di Indonesia, 96 jurnal di UNS ada 4 mendapat akreditasi nasional, Justiscia/Justissia dari Fakultas Hukum, Alchemy/Alkemi dari FMIPA Biodiversitas dan sains tanah dari Fakultas Pertanian, ada satu yg sudah terindeks fokus yaitu Biodiversitas jurusan biologi. Harapan kedepannya tidak hanya 1 yang terindeks SCOPUS dan tidak hanya 4 yang terakreditasi nasional. Ia pun menambahkan bahwa tahun ini UNS menganggarkan anggaran BNPB 15% yaitu sekutar 59 milliar untuk kegiatan riset. “LPPM UNS menjadikan UNS menjadi 1 dari 10 perguruan tinggi yang mempunyai lembaga riset mandiri” ungkapnya. (2/5)

Selain rencana akan membuka sekolah vokasi dan menyampaikan prestasi UNS, dalam upacara peringatan tersebut juga ada penyematan penghargaan Satya Lencana Purwasatya yang diberikan kepada 320 dosen dan tenaga pendidik atas pengabdiannya selama 10, 20, atau 30 tahun. Serta penghargaan kepada mahasiswa berprestasi diantaranya diberikan kepada mahasiswa FKIP yang menjuarai Candi Borobudur Marathon 2016 kategori putra 115 km, mahasiswa FIB memperoleh juara 1 dan 3 dalam kompetisi bahasa indonesia tingkat internasional, dan mahasiswa  FKIP dan Fakultas Pertanian yang memperoleh juara 1, 2 dan 3 dalam SEMARcup ke 10.

Rohmat Wisnugroho

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *