Upacara Peringatan Dies Natalis ke-43 UNS

lpmmotivasi.com- Upacara pembukaan Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat UNS Jumat (08/03/2019). Dies Natalis kali ini mengangkat tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Inovasi Menuju Otonomi Perguruan Tinggi.” Dengan tema tersebut, Ravik Karsidi, selaku inspektur upacara berharap adanya pengembangan institusi UNS dengan inovasi. “Dengan tema tersebut kita berharap agar Dies Natalis kali ini menjadi momentum meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita dan bisa mengembangkan institusi UNS dengan inovasi.”

Dalam pidatonya, Ravik menyampaikan beberapa poin penting, di antaranya mengenai prestasi yang telah diraih. Usaha dan kerja yang tuntas terbayarkan dengan prestasi-prestasi membanggakan yang menjadikan UNS sebagai perguruan tinggi yang dihormati dan sejajar dengan perguruan-perguruan tinggi besar di tanah air. Prestasi-prestasi tersebut di antaranya, pada bulan Januari 2019, publikasi UNS berbasis manajemen website mendapat peringkat “Top 200 Universities in Asia”. Selain itu, dalam pemeringkatan 4 International Colleges University (4 ICU) UNS berada pada peringkat 812 dunia, 176 di Asia, dan peringkat 6 di Indonesia. Selanjutnya Ravik menyebutkan dalam penilaian traffic data melalui Webometric peringkat UNS berapa pada posisi 1.678 dunia, 493 di Asia atau peringkat 8 di Indonesia.

Di awal tahun 2019, UNS telah meraih tiga penghargaan dari Kemenristekdikti dalam Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri. Ketiga penghargaan tersebut yaitu, UNS berhasil menduduki peringkat tiga kategori pelayanan informasi melalui internet, peringkat tiga untuk kategori Hubungan Media, serta harapan satu kategori Media Sosial untuk kelompok Perguruan Tinggi Negeri. Pada bulan Maret ini UNS juga mendapat penghargaan dari Dharma Bela Negara.

Selanjutnya, UNS bercita-cita sebagai world class university dan mengusahakannya sebelum tahun 2030. “Melalui tujuan ini saya mengajak untuk bersama-sama menjaga tiga prinsip nilai yang dipesankan oleh para pendahulu kita dalam ungkapan basa jawa yaitu rumangsa melu handarbeni, wajib melu angrungkebi, mulat sarira hangsara wani,” ajak Ravik.

Di akhir pidatonya, Ia berharap Dies Natalis ke-43 UNS ini dapat merefleksikan diri menuju world class university dan meramaikan serangkaian acara dengan penuh kebanggaan.

 

Sholihah Fitria Ningrum 

Tutus Puspa Asih

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *