Upacara Dies Natalis ke-44 Universitas Sebelas Maret

LPMMOTIVASI.COM- Upacara Dies Natalis ke 44 Universitas Sebelas Maret (UNS) telah dilaksanakan pada Selasa, 10 Maret 2020 di halaman Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS pukul 07.30 WIB. Upacara berjalan dengan khidmat diikuti oleh segenap civitas akademik UNS. Jamal Wiwoho, selaku Rektor UNS menjadi pembina upacara.

UNS telah melakukan banyak hal terkait dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan keunggulan Sumber Daya Manusia (SDMl. “Tidaklah berlebihan sekiranya UNS diharapkan dapat berperan lebih progresif dalam mempengaruhi dan ikut mengendalikan masa depan bangsa ini,” ucap Jamal saat menyampaikan pidato.

Ia juga menyampaikan bahwa selama 44 tahun ini sudah bekerja tanpa lelah untuk mewujudkan keunggulan akademik. “Selama 44 tahun, kami telah bahu-membahu bekerja dengan tanpa kenal lelah bersama dengan para rektor sebelumnya, untuk mewujudkan keunggulan akademik melalui pengembangan riset dan inovasi, penguatan tata kelola menuju otonomi perguruan tinggi, serta optimalisasi dan peningkatan kualitas sumber daya,” tutur Jamal (10/03).

“Saya yakin bahwa seluruh civitas akademik akan merasa bangga bekerja untuk UNS. Karena prestasi dan reputasi yang tiada henti terus menghiasi wajah UNS, baik yang dipersembahkan oleh para dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswanya,” ucap Jamal.

Jamal juga menjelaskan bahwa UNS akan kedatangan tamu kehormatan dan istimewa sebagai wujud penghargaan dan pengakuan dari pemerintah. “Sebagai wujud penghargaan dan pengakuan dari pemerintah, insya Allah besok pagi bertepatan dengan Dies Natalis ke-44, UNS akan kedatangan tamu kehormatan dan istimewa yaitu Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. Kyai Haji Ma’ruf Amin beserta rombongan Menteri Kabinet Indonesia Maju,” tuturnya.

Jamal berharap agar civitas akademik bisa menjadi tuan rumah yang baik, menyambut tamu-tamunya dengan keramahan budi. “Saya mengajak anak-anakku para mahasiswa untuk dapat menciptakan suasana nyaman dan kondusif menyambut tamu-tamu yang hadir di kampus kita tercinta,” ucapnya.

Upacara ini juga dibarengi dengan pengumuman pemenang lomba Green Campus antar fakultas oleh koordinator Green Campus. Juara 1 dimenangkan oleh Fakultas Teknik (FT), juara kedua dimenangkan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), juara ketiga dimenangkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan juara harapan satu dan dua yakni dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat UI Green Matric kepada Rektor UNS. Pada kali ini, UNS menempati peringkat 7 se-Indonesia. Selesai upacara, dilanjutkan dengan menanam pohon di area Javanologi UNS yang diikuti oleh segenap civitas akademik UNS.

 

Vivi_

Nur’aini_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *