UNS Siapkan Langkah Menuju WCU

Lpmmotivasi.com-Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi, memaparkan laporannya pada sidang senat terbuka pada Sabtu (11/3). Ravik memaparkan langkah-langkah yang akan ditempuh UNS pada usia 41 di tahun 2017 ini. Langkah-langkah tersebut selaras dengan tema yang diusung dalam agenda acara ini yakni ‘Penguatan Otonomi UNS Menuju World Class University Berbasis Keunggulan Budaya Nasional.’

Tantangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berupa terwujudnya Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) menjadi bagian dari langkah yang diambil guna percepatan WCU. “Tahun 2017 adalah tahun percepatan reputasi internasional dan masa transisi menuju PTN BH,” ujar Ravik.

Peningkatan diberbagai bidang dalam mempersiapkan PTN BH dan WCU pun dilakukan. Mulai dari riset, pendapatan non UKT, hingga akreditasi program studi.

Dari segi riset misalnya, Ravik mengatakan bahwa pada tahun 2017 ini UNS menargetkan 1.500 artikel terindeks Scopus. “Dengan cara pendampingan atau klinik jurnal bagi para dosen dan kewajiban publikasi bagi mahasiswa S-2 dan S-3.” Tambah Ravik. Badan Pengembangan Usaha (BPU) juga merupakan cara UNS meningkatkan pendapatannya di luar UKT. Melalui BPU ini, UNS menargetkan penerimaan dan kerjasama layanan jasa senilai lebih dari 101 Miliar rupiah dalam tahun ini.

Sedangkan upaya peningkatan pada akreditasi program studi, UNS menargetkan 80% program studi sudah terakreditasi A. Terutama program studi pascasarjana yang saat ini hanya tercatat 12.50% saja. Sertifikasi dan akreditasi internasional pada tahun 2017 ini juga dilanjutkan guna mendapatkan pengakuan internasional. Tercatat ada 11 program studi dari beberapa fakultas di UNS yang sedang diajukan akreditasinya secara internasional melalui AUN-QA dan ABSET 21.

Rencana lain yang tengah digagas dan segera dijalankan oleh UNS untuk mendukung WCU berbasis budaya lokal adalah UNS Cultural Metrics (UNS C-Metrics). UNS C-Metrics merupakan sistem pemeringkatan untuk mengukur peran universitas-universitas di dunia dalam melakukan pelestarian maupun inovasi-inovasi dalam bidang budaya.

Sebagai universitas yang berada di kota budaya, UNS mencoba menunjukkan perannya pada segi budaya. Selain dari pemilihan tema dies natalis, pada sidang senat terbuka kali ini UNS juga memberikan penghargaan kepada jurnalis senior sekaligus budayawan, Goenawan Soesatyo Mohamad dengan kategori Parasamya Anugraha Dharma Krida Budaya.

Sylva Indah

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *