UNS Siap Menyambut Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018

lpmmotivasi.com- Pada 29 Oktober 2018, Menristekdikti, Mohammad Nasir,  menerbitkan Permenristekdikti No. 55 tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus. Dalam pasal 2 ayat 2 yang berbunyi “organisasi kemahasiswaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam kegiatannya melibatkan dan/atau bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan ekstra perguruan tinggi”.

Menanggapi terbitnya Permenristekdikti tersebut, Darsono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan bahwa UNS telah siap dalam pelaksanaan Permenristekdikti tersebut. “Kami dari pihak kampus sudah siap akan tetapi dokumennya itu belum ada. Bahkan UNS ini sudah membuat inovasi yang disebut dengan Duta Bela Negara,” ujarnya (4/12).

Adanya pro-kontra akan pemberlakuan Permenristekdikti, Darsono mengajak mahasiswa untuk mendalami isi dari Permenristekdikti tersebut. Ia juga menjelaskan pentingnya Permenristekdikti ini. “Kebutuhan untuk menata, menyuburkan, mengenai tata demokrasi di kampus sebagai arena untuk belajar dan pembelajaran itu memang perlu supaya ada harmonisasi ada kedewasaan, ada produktifitas berkenaan dengan tata laksana demokrasi, jangan sampai dengan adanya demokrasi itu menakutkan,” jelasnya.

Sosialisasi dan pelaksanaan Permenristekdikti No. 55 Tahun 2018 akan dilakukan segera setelah pihak kampus menerima dokumen peraturan tersebut. “Untuk penyampaiannya kepada mahasiswa itu kan boleh dikatakan sosialisasi itu,mungkin perwakilan atau apa begitu dan juga dari organisasi-organisasi yang ada, dan tentu tidak hanya dari organisasi intra kampus namun juga eksternal kampus supaya memahami itu.” ucap Darsono.

 

Hana Afifatul

Mita Dwi

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *