UKM Belum Siap Internasionalisasi

lpmmotivasi.com-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta didorong untuk membuat agenda kegiatan berskala internasional demi tercapainya World Class University (WCU). Darsono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam sambungan telepon mengatakan bahwa universitas akan selalu berorientasi pada internasional demi terwujudnya WCU. (14/3)

Darsono mengatakan UKM tingkat universitas maupun fakultas sudah diminta untuk mengalokasikan anggaran kegiatan internasional. Pihak Rektorat mengaku sudah menyusun strategi perencanaan termasuk strategi perencanaan anggaran yang berorientasi pada internasional. “UKM didorong untuk internasionalisasi, UNS itu akan mengarah ke World Class University.” ujar Darsono.

Mengenai hal ini, UKM tingkat Universitas merasa belum siap mengadakan agenda kegiatan internasional. Misal UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM). Pihaknya mengaku belum memiliki rencana untuk membuat acara berskala internasional. “Untuk di program kerja, kami belum ada rencana seperti itu untuk acara berskala internasional,” ujar Dadang Setyobudi, Kepala Departemen Kepenulisan SIM. (7/3)

Dadang menambahkan bahwa pihak SIM masih ingin berfokus pada pengembangan internal anggota dan mahasiswa UNS, sehingga SIM belum memiliki rencana untuk membuat acara berskala internasional. SIM akan memikirkan acara berskala internasional pada 3 atau 4 tahun yang akan datang. “Belum ada rencana sampai situ (Agenda kegiatan Internasional_red). Paling kita pengembangan internal dulu, lah.” ujar Dadang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Setyo Dwi Utomo selaku Ketua UKM Paduan suara FKIP, Vox Magistra (Voxma), ia berharap bisa mengadakan agenda acara internasional. Tetapi untuk saat ini masih belum siap. “Karena kalau Voxma sendiri belum berani kalau event (agenda acara_red) internasional, kita masih taraf nasional,” ujar Setyo.(10/3)

Faridatul Mardhiyyah

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *