Tidak Ada Informasi Jelas, Beasiswa PPA Ditunggu Mahasiswa

SOLO, LPMMOTIVASI.COM- PPA menjadi salah satu beasiswa yang dinanti mahasiswa. Namun, sampai saat ini belum ada sosialisasi terkait beasiswa tersebut.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) merupakan program beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditujukan bagi mahasiswa D3, D4, atau S1 yang sudah menempuh pendidikan semester 2 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk memotivasi dan meningkatkan prestasi mahasiswa.

Beasiswa ini biasanya disosialisasikan oleh pihak kampus. Namun, pada tahun ini tidak ada sosialisasi dari pihak kampus terkait dengan beasiswa PPA. Rohman Agus Pratomo atau yang akrab disapa Pak Tomy selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menjelaskan bahwa ia belum mendapatkan informasi yang jelas dari Kemenristekdikti. “Jadi bukan tidak disosialisasikan, tetapi memang tidak ada yang disosialisasikan, artinya belum ada ketentuan yang gumaton dari kementerian,” ujar Tomy (25/9).

Ia juga menambahkan bahwa sekarang sedang gencar beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Sekarang eranya pakai KIP semua, makanya KIP kita juga naik 800 maba. Kalau PPA kan biasanya on going harus ada prestasi dulu, itu memang belum ada informasi resmi dari kementerian. Kalau yang sudah kita dapatkan KIP kuliah bantuan itu untuk semester berjalan dan itu untuk membantu UKT teman-teman. Kalau PPA kemarin mirip dipakai untuk UKT atau pembelajaran ya sah-sah saja,” tambahnya.

Yunita Anggraini selaku mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyatakan bahwa ia belum mendapatkan sosialisasi tentang beasiswa PPA. “Sejauh ini sih belum ngerasa ada sosialisasi beasiswa PPA. Jarkoman terkait pendaftaran juga belum dengar sih,” ungkapnya melalui WhatsApp.

Tidak adanya sosialisasi tentang beasiswa PPA membuat para mahasiswa menunggu serta berharap tentang kepastian beasiswa PPA. “Ya, saya berharap jika memang beasiswa PPA tahun ini tidak disosialisasikan karena ditiadakan, dari pihak UNS memberikan info terkait ada tidaknya beasiswa PPA tahun ini supaya mahasiswa juga tidak menunggu atau terlalu berharap,” ungkap Yuni. Ia juga berharap jika beasiswa ini ditiadakan, pihak UNS tetap memberikan bantuan terhadap mahasiswa yang terkendala dalam hal finansial.

Selain Yunita, Rina dari program studi yang sama juga berharap agar segala kendala dapat segera teratasi agar beasiswa ini tetap diadakan dan bermanfaat bagi mahasiswa.  . “Harapannya semoga dapat segera pulih, agar ke depannya beasiswa ini tetap ada dan bermanfaat. Namun, jika beasiswa ditiadakan dan dialihkan untuk kegiatan lain, sah-sah saja selagi hal tersebut benar-benar dapat membantu mahasiswa utamanya bagi mereka yang menjadikan dana dari beasiswa itu sebagai penompang biaya kuliah mereka,” ungkap Rina saat dihubungi melalui WhatsApp.

_Selvia

_Suci

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *