SPAM di Hari Libur

lpmmotivasi.com-SPAM (sistem pengelolaan air minum) UNS menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Kegunaannya yang menyediakan air minum gratis bagi mahasiswa dirasa efektif guna mengurangi limbah botol dari air minum kemasan. Namun masalah terjadi ketika SPAM hanya beroperasi pada hari Senin-Jumat atau mengikuti jadwal perkuliahan di UNS.

Mahasiswa merasa dirugikan ketika SPAM tidak beroperasi dalam artian dispenser-dispenser yang tersebar di UNS tidak keluar airnya. Tegar misalnya, mahasiswa seni rupa FSRD 2016, mengatakan kalau SPAM tidak beroperasi dirasa merugikan para mahasiswa. “Soalnya kan kalo hari Minggu masih ada juga kan mahasiswa yang beraktifitas di kampus kalo sewaktu-waktu haus kan bingung juga cari minumnya terlebih lagi itukan fasilitas kampus yang udah jadi hak semua mahasiswa”, imbuhnya (25/4).

Hal sama juga diutarakan Hilmi, mahasiswa FMIPA 2016, ia juga merasa hal itu merugikan mahasiswa. “Merugikan mahasiswa karena hari Minggu itu banyak juga mahasiswa yang disini tinggal kos dan banyak juga yang air minumnya tergantung di SPAM soalnya tidak beli galonan gitu”, ujarnya (25/4). Lain halnya dengan yang dikatakan Dimas, mahasiswa Fakultas Hukum 2014, ia merasa hal tersebut tidak merugikan mahasiswa. “Karena efektifnya mahasiswa Senin sampai Sabtu sedangkan Minggu sendiri kalo ada mahasiswa yang masih aktif sendiri seumpana kaya gitu spam mati kan gak banyak prosentasenya”, jelasnya (25/4).

Pihak SPAM UNS sendiri mengatakan bahwa memang mereka tidak beroperasi pada hari Sabtu-Minggu dan hal itu telah menjadi aturan sejak awal. Fauzan Indra Wahyu Saputra, selaku bagian maintenance dan operator SPAM UNS mengatakan bahwa jadwal kerja SPAM UNS memang mengikuti jadwal perkuliahan UNS. “Emang jadwalnya itu sih, jadikan kita ngikutin jadwalnya UNS, UNS kan Senin sampe Jum’at, Sabtu-Minggu itu kita cuma piket, kontrol habis itu udah balik”, jelasnya (27/4).

Ia juga menjelaskan jika air SPAM tidak keluar lagi di hari Sabtu-Minggu, itu berarti airnya memang habis. “Kalo gak keluar berarti emang habis penggunaannya, jadi kita terakhir masuk itukan Jum’at, akhir beroperasi kan Jum’at, Sabtu-Minggu itu emang ngecek doang jarang ada pengoperasian”, tuturnya. Tetapi ia menegaskan bahwa walaupun terakhir pengisian hari Jum’at, air SPAM masih terjaga kehieginisannya hingga hari Minggu.

Fauzan juga menambahkan “pemeliharaan (SPAM UNS) itu sebulan sekali biasanya”. Sedangkan dana pemeliharaan sendiri berasal dari pihak kampus dan dari UNSqua, yang hitungannya bagi proporsi.

Rohmat Wisnugroho

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *