SKPI Tambah Nilai Mahasiswa

LPMMOTIVASI.com— Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si Menjelaskan bahwa standar kelulusan kegiatan luar bidang akademik akan diperhitungkan Keaktifan tersebut digunakan sebagai pengisi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Kegiatan yang akan tercatat dalam SKPI meliputi, prestasi nonakademik, keorganisasian dan kegiatan luar kampus.“ Berdasarkan Permen nomor 49  tahun 2014 bahwa standard kelulusan kesarjanaan nanti kan tidak hanya standar kelulusan akademik, kan juga ada standard profesi, ” ujar Darsono, Senin (12/1).

Darsono mempertimbangkan adanya SKPI adalah keadaan bursa kerja tahun 2016. Keterampilan yang diharapkan Darsono mencakup kegiatan luar akademik. “Secara humanity atau secara estimologis kalau semua hanya memegang ijazah akademik nanti kasihan aktivis. Supaya membedakan yang tidur sama yang nggak tidur,” kata Darsono.

Pengadaan SKPI belum diadakan, menurut Darsono kemungkinan setelah tahun ajaran baru. “Sebenarnya kita punya cita-cita semester ini bisa dilaksanakan, tapi masih perlu dibahas kembali untuk memantapkan penilaian,” ungkap Darsono.

Sosialisasi SKPI belum diketahui oleh banyak mahasiswa. Sistem penilaian juga masih ditanyakan oleh mahasiswa. Mahasiswa Program Studi Akuntansi FEB, Ahmad Febrianto mengatakan ia belum tahu tentang SKPI, “ Di angkatan saya belum ada sosialisasi itu, kalau memang akan diterbitkan itu jadi nilai tambah buat kita,” jelas Ahmad. (15/1)

Ahmad berencana akan mengikuti kegiatan lebih banyak lagi. Keaktifannya itu didasarkan pada hasil akhir yang baik ketika lulus. “Kalau SKPI jadi saya akan ikut organisasi dan mengeksplorasi kemampuan saya lebih jauh lagi,” ungkapnya

Sekretaris Umum Unit Pengembangan Kebudayaan Daerah (UPKD) FKIP UNS, Hety Yunita mendukung pengadaan SKPI. Ia mengusulkan supaya kejelasan tentang SKPI dapat tersosialisasi secara menyeluruh. “ Bagus gagasan tentang SKPI, namun harus selaras dengan pemahaman mahasiswa. Jika akan dilaksanakan tahun ini harus disosialisasikan jauh-jauh hari, kasihan bagi mereka yang jarang aktif,” ungkap Hety.

                                                                                                                                                                                             _Nurman

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *