Sidang Senat Terbuka Lustrum VIII UNS

LPMMotivasi.com – Sidang Senat Terbuka Lustrum VIII UNS digelar pada perayaan dies natalis 40 tahun UNS. Sidang Senat Terbuka dilaksanakan di auditorium, Jum’at (11/3). Segenap civitas akademika UNS hadir dalam acara tersebut. Sidang Senat Terbuka kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya RI 1, Joko Widodo turut hadir dan memberikan kuliah umum. Beberapa menteri kabinet kerja turut hadir menyertai Presiden Joko Widodo.

Tingkat keamanan pun diperketat untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia. Tampak dua tank besar terparkir di halaman sebelah barat auditorium UNS. Petugas bersenjata pun nampak berjaga-jaga disetiap sudut halaman auditorium maupun di dalam auditorium. Tak hanya itu, setiap tamu undangan yang hadir dilarang membawa tas, kecuali setelah diperiksa oleh petugas.

Sidang Senat Terbuka dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi,  M.S, dilanjutkan dengan laporan tahunan rektor tahun 2015. Pada laporan tahunan tersebut Ravik menyampaikan beberapa prestasi yang diraih UNS. Ravik juga menyampaikan bahwa saat ini UNS termasuk perguruan tinggi dengan klaster A. “Dalam usia yang sudah 40 tahun ini, UNS siap mengemban amanah dari Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi untuk melangkah menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH),” papar Ravik. Selain itu, Ravik mengatakan bahwa dengan pengelolaan organisasi yang jujur, transparan, dan bersih tersebut berhasil mempertahankan UNS untuk memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah dipertahankan UNS selama enam tahun berturut-turut.

Sidang Senat terbuka dilanjutkan dengan orasi Ilmiah dari Prof. Willem Van Der Mollen (KITLV Leiden). Acara kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum yang dibawakan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kuliah umum tersebut membahas tentang tantangan yang harus dihadapi Indonesia di era globalisasi ini. Pembahasan percepatan untuk menghadapi globalisasi tersebut antara lain di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Energi, dan Pangan.

Sidang senat terbuka tersebut diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada alumni UNS yang berprestasi. Selain itu juga pemberian gelar doktor dan dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama UNS dengan KITLV Leiden dan Universitas Okushikan Jepang. Penandatanganan terakhir adalah penandatanganan prasasti peresmian beberapa gedung baru di UNS.

Cahya_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *