Seleksi Mandiri yang Mengganjal di Hati

Seleksi Mandiri UNS adalah agenda rutin tiap tahun UNS untuk menyaring calon mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. Bisa dikatakan sebagai jalur masuk ketiga setelah SNMPTN dan SBMPTN. Namun, untuk tahun 2015 dilansir dari website resmi spmb.uns.ac.id ada perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan cukup mengganjal, antara lain : Tahap seleksi, biaya pendaftaran dan waktu pelaksanaan.

Seleksi didasarkan atas Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN tahun 2015, jadi tanpa tes lagi. Pendaftar yang tak lolos SBMPTN dan merasa hasil SBMPTNnya kurang baik kemungkinan akan mengurungkan niatnya untuk mengikuti seleksi ini karena merasa minder. Untuk mendapatkan mahasiswa yang benar-benar berkualitas seharusnya ada tes lagi.

Tahun ini semua pendaftar non bidikmisi maupun bidikmisi diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.00,00. Padahal mahasiswa bidikmisi seharusnya tidak membayar biaya sama sekali mulai dari pendaftaran sampai kuliah nanti dengan cara memasukkan nomor KAP dan PIN saat mendaftar yang diperoleh dari portal bidikmisi. Tapi, KAP dan PIN tidak bisa digunakan saat mendaftar SM UNS 2015.

Waktu yang disediakan terlalu mepet dengan pengumuman hasil SBMPTN. Hasil SBMPTN diumumkan pada tanggal 9 Juli, sedangkan pendaftaran SM UNS dibuka  pada tanggal 6-11 Juli. Calon mahasiswa yang tidak lolos SBMPTN secara psikologis akan mengalami tekanan batin, maka ia perlu waktu untuk memulihkan semangatnya dan menata kembali rencana selanjutnya. Bisa jadi ia akan terlambat untuk mendaftar SM UNS karena waktunya terlalu mepet. Seharusnya tenggang waktu antara pengumuman SBMPTN dengan pendaftaran SM UNS lebih diperpanjang.

Dengan beberapa hal yang mengganjal tersebut, Seleksi Mandiri UNS sebaiknya perlu ditinjau kembali agar SM UNS tahun depan menjadi lebih baik lagi dan bisa memperoleh mahasiswa baru yang berkualitas tinggi.

                                                                                                                                              Badrun Ni’am

                                                                                                                                              Pendidikan Biologi 2013

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *