Ragu dengan Sistem Delegasi, DEMA Oprec Panitia Osmaru

LPMMOTIVASI.com—Tanggal 20-23 Agustus 2015 nanti akan diselenggarakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru atau kerap disebut Osmaru. Dalam berjalannya acara tersebut, DEMA mengadakan open recruitment (Oprec) kepanitiaan sejak tanggal 11-17 Juni 2015. Berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan sistem delegasi, kali ini DEMA mengadakan sistem oprec dengan tujuan agar mahasiswa umum juga dapat menjadi panitia Osmaru. Selain itu, oprec juga bertujuan untuk menjaring jumlah panitia yang lebih luas dan memiliki komitmen.

“Kalau cuma pendelegasian, mungkin dia ikut karena dipaksa dari ketuanya,” ungkap Muhammad Rifki selaku ketua Panitia Kerja (Panker) Osmaru yang bertugas mengawasi keberjalanan Osmaru agar sesuai dengan aturan dari universitas. Rifki menambahkan bahwa ia telah menyurati seluruh UKM dan HMP untuk mengirimkan delegasinya mengikuti oprec. Tujuan delegasi juga harus melalui oprec adalah agar para delegasi benar-benar berkomitmen. “Nggak cuma mengisi daftar kepanitiaan tapi nggak pernah muncul kasian yang lain,” ujarnya, Rabu (24/6).

Selebihnya Rifki menjelaskan bahwa Panitia Osmaru terdiri dari Panitia Inti, Panitia Pendamping, dan Panitia Pembantu (dari BEM). Oprec ini bertujuan merekrut Panitia Inti yang bertugas mengkoordinir Panitia Pendamping dan Panitia Pembantu. Dari hasil evaluasi tahun kemarin, terdapat 70 panitia namun hanya sekitar 30 sampai 40 orang yang aktif. Dalam oprec ini terdapat 104 pendaftar dan hanya ada 80 mahasiswa yang diterima, dengan komposisi 57 mahasiswa tahun 2014 dan 21 mahasiswa tahun 2013.

Untuk ketua panitia inti, akan disiapkan dari mahasiswa angkatan 2013 dengan pertimbangan karena mahasiswa angkatan 2013 sudah pernah menjadi panitia sebelumnya, sedangkan angkatan 2014 tahun lalu baru menjadi peserta. Untuk calon ketua panitia nantinya akan menjalani seleksi tertulis lagi. Namun demikian ketua panitia tetap diputuskan melalui musyawarah. Sehingga ada kemungkinan mahasiswa angkatan 2014 yang menjadi ketua. Rifki menginformasikan bahwa pemilihan ketua serta penyusunan struktur dan tugas-tugas panitia nantinya akan diadakan pada Jumat 26 Juni 2015 setelah pelantikan panitia di Gedung A.

Sementara itu, ditemui di tempat lain, Doni Wahyu Prabowo, selaku Ketua Panitia Osmaru 2014 yang kini telah menjabat sebagai Presiden BEM FKIP, mengatakan bahwa adanya oprec akan menghasilkan struktur kepanitiaan yang jelas. Berbeda dengan masa kepanitiaannya, tahun 2014 kemarin struktur kepanitaan kerap berubah-ubah karena terdapat delegasi yang meminta bergabung di tengah jalan, serta delegasi yang tidak aktif. “Struktur kepanitiaan berubah terus, panitia tidak terdefinisi,” ungkap Doni, Rabu (24/6). Dengan adanya oprec ini panitia lebih definitif sehingga jumlah panitia jelas dan jelas pula tangung jawabnya. Doni berharap acara Osmaru kali ini terdapat suatu inovasi agar dapat membangun generasi yang tidak apatis.

                                                                                                                                                                                                      Aristi_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *