Proses Legalisir Ijazah Macet di Tataran Dekanat

Lpmmotivasi.com- Alur legalisir ijazah alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sudah diatur dan bisa dilihat di situs laman legalisir.fkip.uns.ac.id, namun tidak ada kejelasan mengenai lamanya proses legalisir. Hal tersebut dikarenakan oleh kesediaan pihak Dekanat. Ketika ditemui pada Rabu (8/2), Lisa Prantini, SH selaku Kepala sub bagian kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjelaskan bahwa waktu yang ditetapkan untuk memproses legalisir berkisar dari tiga hingga tujuh hari, tergantung pada Dekan selaku penandatangan. Tidak adanya Surat Keputusan (SK) yang mengatur mengenai legalisir membuat sistem legalisir tidak memiliki kepastian.

Ketika ditanya mengenai alumni yang membutuhkan legalisir dalam keadaan mendesak, pihak Kemahasiswaan dan Alumni FKIP menyatakan belum mempunyai solusi ketika pimpinan sedang berkepentingan. Hal tersebut tidak bisa diupayakan meskipun legalisir itu mendesak. “Lha sekarang kalau mendesak, pimpinan nggak ada gimana? Mendesak kalau Pak Dekan nggak ada siapa yang mau tanda tangan.” Jawab Lisa (8/2).

Sumadi, selaku staf bagian kemahasiswaan dan alumni menambahkan bahwa proses legalisir ada kaitannya dengan kegiatan Dekan. “Tinggal istilahnya kegiatannya Pak Dekan banyak nggak. Kan kalau kegiatannya sampai ke luar negeri ya otomatis mengikuti kegiatan Pak Dekan”, Ungkapnya (8/2).

Menanggapi lamanya proses legalisir ijazah yang berhubungan dengan kesediaan Dekan, Lisa mengatakan pihak lain tidak mempunyai kewenangan untuk menandatangani legalisir tersebut. “Kalau Pak Dekannya nggak ada, apa ada Dekan dua?” Ujarnya. Saat Dekan tidak ada di tempat, proses legalisir terpaksa tertunda. Pihak Kemahasiswaan dan Alumni FKIP sendiri tidak mempunyai solusi untuk menangani kendala tersebut. Sampai berita ini diterbitkan, pihak Dekanat berhalangan dimintai keterangan karena sedang menghadiri acara.

Triana Febri

Firdaus Al Hakim

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *