Potensi Wisata Domestik Unggulan : Pesona Api Abadi  di Kayangan Api

Bojonegoro memiliki potensi wisata yang beragam salah satunya adalah “Kayangan Api“  terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Dengan ciri khas yaitu adanya semburan api abadi yang tidak pernah padam meskipun terkena hujan dan badai .

Terdapat sebuah legenda yang dipercayai masyarakat sekitar yaitu Kayangan Api menjadi  tempat pertapaan seorang pembuat keris bernama Empu Supa pada zaman Majapahit yang bertapa dan membuat keris pusaka yang disebut “ Keris Jangkung Luk Telu Blong Pok Gonjo “ proses pembuatannya dibakar dan ditempa dengan api yang keluar dari Kayangan Api. Karena hasil keris yang memuaskan maka Raja memberikan penghargaan Empu Supa dengan gelar gelar Empu Kriya Kusuma sekaligus menjadi Empu Majapahit.

Selain objek wisata Kayangan api juga menjadi tempat sakral seperti menjadi tempat prosesi pengambilan api semangat saat perayaan hari jadi Bojonegoro. Selain itu kegiatan upacara ruwatan dan pentas kesenian daerah juga dilaksanakan di Kayangan Api.

Pesona Kayangan Api yang unik dan menarik serta banyak fasilitas seperti warung makan, tempat ibadah, spot foto yang indah dan tiket masuk yang terjangkau , hal ini menjadikan  Kayangan Api menjadi salah satu objek wisata yang digemari wisatawan baik dari Bojonegoro atau dari berbagai daerah. Bagaimana menarik bukan ? Ayo berkunjung Kayangan Api  bakar jagung sambil menikmati hangatnya gejolak api di malam hari .

Kusuma Hati_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.