Pentingnya Pendidikan agar Bijak Bermedia Sosial

Di era serba digital saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel pintar yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi dengan berbagai kegunaannya. Hampir seluruh pemilik ponsel tersebut memiliki setidaknya satu akun media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tanpa kita sadari media sosial dapat membawa cukup banyak dampak negatif ke diri kita. Banyak sekali konten, komentar, cuitan, atau apapun itu yang bertebaran di media sosial yang dapat meracuni pribadi kita sedikit demi sedikit. Mulai dari komentar jahat, konten tak senonoh, cyber bullying, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan diri kita sebaik mungkin agar dapat bermedia sosial dengan bijak.

Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan dan menerapkan pendidikan yang baik, yang tidak hanya mencakup akademik saja, tetapi juga moral, nilai, dan etika. Orang dengan pendidikan yang baik akan terlihat sangat jelas berbeda dengan yang tidak. Mulai dari sudut pandang pikirnya, cara menyampaikan pendapat, hingga ke diksi tiap tutur katanya. Great education will bring you to great attitude, termasuk juga perilaku kita dalam bermedia sosial. Tanpa dibekali pendidikan yang baik, kita akan menggunakan media sosial dengan semena-mena. Berkomentar sana-sini tanpa memikirkan sebab akibatnya. Mengunggah konten toxic tanpa banyak pertimbangan. Memberi komentar tak menyenangkan ke salah seorang artis dan malah senang ketika diblokir oleh artis tersebut. Pola pikir yang seperti ini harus kita hindari. Pendidikan yang baik akan membuat orang berpikir puluhan kali sebelum mengunggah sesuatu, sekalipun itu hanya komentar atau cuitan pendek. Pendidikan yang baik ini tidak hanya dapat diperoleh dari sekolah saja, tetapi juga dari orang-orang dan lingkungan sekitar.

Media sosial sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan kita, sehingga sudah seyogyanya jika kita dapat menggunakan akun tersebut dengan bijaksana. Kita dapat menyebarkan banyak kebaikan hanya dengan untaian kata-kata. Akan tetapi, kita juga dapat menyakiti hati banyak orang hanya dengan beberapa kata tersebut. Jadi, media sosial yang menjadi wadah kita untuk mendapatkan banyak hal positif seperti informasi dan relasi yang bermanfaat, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

 

Laili Nur Khasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *