Penguatan Informasi Mengenai Covid-19 oleh Mahasiswi UNS di Desa Clapar

 

LPMMOTIVASI.COM- Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) bermula dari kota Wuhan, China, dan mulai merebak pada bulan Februari akhir hingga saat ini hampir di seluruh dunia meliputi 216 negara, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia sendiri berada pada peringkat teratas dalam kasus pasien Covid-19 di regional Asia Tenggara. Dilansir dalam laman resmi pemberitaan Covid-19 di Indonesia, update terakhir tanggal 19 Juli 2020, tercatat sebanyak 86.521 kasus terkonfirmasi, 36.977 kasus dalam perawatan, 45.401 kasus sembuh, dan 4.143 kasus yang meninggal. Hingga beberapa hari terakhir, media memberitakan terjadinya pelonjakan kasus positif yang dialami warga Indonesia. Kurangnya kesadaran akan bahaya wabah ini bercampur dengan sikap tak acuh akan keadaan, mendorong pelonjakan kasus tersebut.

Dengan adanya pandemi ini, gaya dan tatanan hidup mulai berubah. Dalam bidang pendidikan misalnya, terjadi perubahan di mana awal mula pembelajaran dilaksanakan konvensional dengan cara tatap muka dan berkumpul pada satu ruangan di kelas, berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dapat dilaksanakan di rumah masing-masing. Adapun dalam bidang pekerjaan, terjadi pergantian sistem di mana awalnya bekerja di kantor, berubah menjadi work from home atau bekerja dari rumah. Banyak tempat publik maupun tempat hiburan tetap buka dengan memperketat protokol kesehatan. Hal di atas dilaksanakan untuk menekan berkumpulnya banyak orang dalam ruangan sehingga menekan penyebaran virus corona.

Maka dari itu, dengan kondisi saat ini, banyak universitas mengakomodasi mahasiswanya untuk mulai mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 dan terjun langsung ke dalam lingkungan masyarakat, dengan poin penting bahwa kegiatan sebisa mungkin dilakukan dengan meminimalisasi berkumpulnya orang dalam satu tempat guna mengantisipasi persebaran virus. Salah satu universitas yang memeloporinya yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), di mana pelaksanaan KKN Covid-19 dilaksanakan di daerah asal masing-masing mahasiswa. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN Era Covid-19 ini adalah Hana Afifatul Ummah yang berasal dari Kabupaten Batang dan didampingi oleh Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) secara daring.

Setelah pelepasan mahasiswa KKN pada tanggal 15 Mei 2020, Hana mulai menyusun proposal di mana di dalamnya terdapat beberapa program kerja dengan tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Mengenai Covid-19”. Hal ini menyesuaikan permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggal sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Adapun program kerjanya meliputi penyemprotan desinfektan dan pengecekan suhu kepada karyawan yang akan memasuki lingkungan pabrik yang masih satu tempat dengan Desa Clapar, penyebaran informasi mengenai Covid-19 dan New Normal, bertugas siaga Covid di Balai Desa Clapar dan melayani pembuatan surat keterangan bagi warga yang akan ke luar kota dengan tujuan bekerja, sosialisasi kepada warga mengenai informasi Covid; pengadaan ember, sabun, masker dan banner guna mendukung gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); serta pembuatan video mengenai re-grow plant dari daun bawang untuk mengisi waktu luang di rumah.

Dengan media banner maupun sosialisasi yang telah dilakukan, warga Desa Clapar semakin paham dan mengerti akan bahaya dari Covid-19. Selain itu, masyarakat menerima dengan baik dan antusias setiap program kerja yang sudah direncanakan, sehingga terjadi perubahan di mana warga mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah virus tersebut. Dengan adanya penerjunan langsung untuk KKN ini, Hana berharap bisa berguna dan memberikan manfaat kepada warga Desa Clapar tidak hanya untuk sekarang, tetapi hingga ke depannya.

 

Hana Afifatul Ummah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *