Pemberangkatan Mahasiswa KKN UNS

LPMMOTIVASI,com – Universitas Sebelas Maret memberangkatkan 3021 mahasiswa untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Juli-Agustus 2015. Sejumlah 2721 mahasiswa tersebar di 20 kabupaten, 46 kecamatan, dan 247 desa di Pulau Jawa. Sedangkan, sejumlah 300 mahasiswa tersebar di 12 provinsi di luar jawa. Pemberangkatan dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Juli 2015. Pemberangkatan dimulai dengan sebuah upacara pemberangkatan yang dilaksanakan pukul 07.30 WIB di halaman Gedung Rektorat. Acara dimulai dengan pembukaan dari pembawa acara, kemudian peserta disiapkan oleh komandan upacara. Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbol pelepasan mahasiswa KKN, dan ditutup dengan penyampaian pesan dari Rektor UNS. Universitas Sebelas Maret mengangkat 14 tema program dalam KKN tahun 2015, dan dilaksanakan dengan metode Tematik Integratif.

Mahasiswa FEB Manajemen Bisnis, Dewani Cahyaningsih mendapat tema yang berkaitan dengan ilmu social. Program yang diangkat Dewani dan kelompoknya berjudul Indonesia Melek Keuangan. “Saya KKN di Blitar, programnya itu bertujuan untuk mendidik masyarakat mulai dari SD sampai ibu rumah tangga,” papar Dewani. Dewani memaparkan bahwa program KKN yang diangkatnya tidak hanya terdiri dari satu program utama. Selain program berjudul Indonesia Melek Keuangan, terdapat juga program pendamping yaitu pemberdayaan masyarakat. Kedua program tersebut didukung oleh 3 lembaga yaitu Orientasi Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), dan Bank Indonesia (BI).

Keberangkatan KKN mahasiswa UNS periode Juli-Agustus 2015 tidak dilakukan secara serentak. Sebagian besar mahasiswa KKN berangkat pada hari Kamis 2 Juli 2015 setelah upacara pemberangkatan. Namun, terdapat beberapa mahasiswa yang berangkat KKN sekitar bulan Agustus-September, setelah administrasi yang dibutuhkan lengkap.

Berkenaan mengenai administrasi, dana yang dibutuhkan oleh setiap kelompok untuk masing-masing program KKN yang akan mereka laksanakan berbeda-beda nominal dan sumbernya. Sebagian besar, sumber dana yang didapatkan oleh mahasiswa KKN berasal dari Universitas yang disebut juga KKN reguler, sedangkan sebagian lainnya disebut KKN mandiri yang sumber dananya berasal dari dana mandiri mahasiswa yang bekerjasama dengan lembaga lain di luar kampus.

Zaidah_Ifa

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *