Pembahasan Mekanisme Semester Antara Tidak Jelas

lpmmotivasi.com-Ketua tim penyelengara semester antara mengatakan bahwa sampai sekarang tim penyelengara belum membahas mekanisme Semester antara. Lebih lanjut ketua tim penyelengara, Dr. Munawir Yusuf, M.Psi ‎mengatakan kebijakan ini masih tarik menarik antara diselenggarakan atau tidak. “Kita menerjemahkan itu (permen dikti n0 44 tahun 2015_red) tapi ini masih tarik menarik, antara perlu gak diselenggarakan. Kalau diselenggarakan untungnya apa, ruginya apa, nanti dampaknya terhadap sistem siakad bagaimana,” tuturnya (9/11).

Pada wawancara ke Wakil rektor bidang Akademik bertanggal 23 September silam, Sutarno mengatakan teknis penyelenggaraan Semester Antara akan diadakan seperti  semester pendek. Semester pendek adalah pengulangan Pengajaran Mata kuliah dengan periode yang lebih singkat dibandingkan dengan periode perkuliahan secara normal. Semester Pendek rencananya akan dilaksanakan pada waktu libur semester dengan besaran biaya yang terpisah dari UKT. Wakil Dekan bidang Akademik FMIPA sampai tidak berani bersikap menanggapi wacana semester antara dikarenakan Mekanismenya yang belum jelas hinga sekarang (1/11).

Munawir beralasan tertundanya pembahasan semester pendek mengacu pada sistem siakad yang sampai saat ini belum memenuhi kebutuhan akademik.  Selain itu, Munawir juga mengatakan bahwa masih banyak yang perlu didiskusikan. Hal tersebut meliputi keriteria mahasiswa yang boleh mengikuti, serta bagaimana sistem pembayarannya. “Sehingga ini belum kita putus, baru diwacanakan, akan kita formulasikan nanti seperti apa,” kata Munawir ketika ditemui di Kantornya (1/11).

Semester antara ini, kata Munawir, merupakan salah satu cara menaikkan angka efisiensi edukasi. Munawir memaparkan bahwa indeks efisiensi edukasi tergolong rendah. Hal itu di sebabkan oleh kurang efektifnya siakad online, pembimbingan skripsi yang tidak terpantau, dan masa studi mahasiswa yang berlarut-larut. “ Nah, ini harus diatasi antara lain dengan semester antara itu,” paparnya.

Munawir meminta mahasiswa mengadakan diskusi terkait kebijakan semester antara. Ia meminta diskusi tersebut disegerakan mengingat pembahasan mekanisme semester pendek sedang berlangsung. “Saya sarankan kalau ada diskusi di tingkat mahasiswa tentang semester antara itu, plus-minusnya dan kemudian implemennya seperti apa,” ujarnya.

Sylva_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *