Pasar Rakyat dan Pameran Inovasi

“Sebagai rangkaian acara Dies Natalis, diadakan pasar rakyat dan pameran Inovasi di pelataran LPPM UNS.”

Dalam rangka memperingati ulang tahun UNS yang ke 39 tahun, terdapat beberapa agenda menarik yang diselenggarakan. Salah satunya adalah Pasar Rakyat dan Pameran Inovasi yang diselenggarakan di pelataran LPPM UNS dari tanggal 8-11 Maret. Pameran inovasi dan pasar rakyat ini diikuti oleh berbagai kalangan, baik dari mahasiswa maupun masyarakat umum. Terdapat berbagai stand, antara lain stand tanaman dari Fakultas Pertanian, ikan sidat dari Fakultas MIPA, baju dan tas murah berkualitas, buku, adapula stand informatika yang membahas mengenai IT (Information and Technology). Tak ketinggalan batu akik yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat luas akhir-akhir ini juga ikut andil dalam meramaikan acara tersebutSemua stan-stan tersebut merupakan hasil karya anak bangsa serta hasil alam dari bangsa Indonesia. Selain itu, ada pula pameran fotografi dari lomba fotografi UNS serta talk show mengenai batu akik, sidad, dan SPMB.

Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk menunjukkan berbagai karya dari mahasiswa pada khususnya serta masyaraka pada umumnya dan menunjukkan bahwa karya yang dihasilkan oleh anak bangsa tidak kalah bagus dan berkualitas dibandingkan dengan produk dari luar negeri. Karya dari SIM misalnya, seperti yang diterangkan oleh Ismira, Fakultas Pertanian baru-baru ini telah memenangkan sebuah kejuaraan di Universitas Medan. Meraka berhasil mendapat juara 2 dan 3 untuk karya mereka yaitu Katalis Untuk Pembuatan Biodisel dan Briket. SIM juga bekerjasama dengan mahasiswa Teknik Kimia untuk pembuatan cam car dengan prinsip elektolisis menggunakan aki organik dari ekstrak jeruk dan ditambah dengan tembaga sulfat.

Selain ada pameran Inovasi, ada pula pasar rakyat yang menjual berbagai stan makanan dan minuman, sehingga bagi pengunjung yang ingin beristirahat selepas melihat-lihat pameran dapat mampir ke stan-stan makanan dan minuman ini. Ada berbagai macam makanan yang dijual mulai makanan yang ringan hingga berat, ada pula penjual buah-buahan. Seperti yang dikatakan salah satu pedagang buah-buahan dari Jeres, Septiana, meskipun keuntungannya yang didapat lebih kecil dari hari biasa, ia tetap bersemangat berjualan untuk ikut ambil bagian dalam acara rangkaian Dies Natalis UNS ini.

Jika acara pada hari Minggu hingga Selasa kemarin pameran dan pasar rakyat ini dibuka dari pukul 10 hingga 15.30 untuk acara penutupan hari Rabu ini akan dibuka hingga malam karena ada penutupan acara dan pelepasan lampion yang dilakukan oleh Rektor UNS Bapak Ravik Karsidi. Menurut keterangan Ulfa Hasanah, pada hari ini direncanakan juga Pak Presiden Joko Widodo serta Menteri Kemeristek akan berkunjung ke acara ini.

Siti Khotijah dari pendidikan Biologi mengatakan bahwa acara ini sangat menginsirasi bagi siapapun yang melihat, mereka akan semakin termotivasi untuk membuat karya-karya yang lebih baik lagi. Siti Khotijah juga berharap di usia UNS yang ke 39 tahun ini UNS akan menjadi lebih baik lagi, lebih terbuka dalam memberikan informasi-informasi kepada mahasiswa. Harapan juga terucap dari Ismira salah satu penjaga stand SIM, Ismira berharap Semoga semakin tuanya UNS semakin maju terhadap pendidikan dan penelitiannya dan harus benar-benar berkarya jangan kalah dengan universitas-universitas lainnya, tunjukkan bahwa UNS bisa!

_Widyastuti

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *