News Presenter Bukan Ajang Narsis

“Diawali dengan keinginan untuk menjaring bakat muda untuk menjadi reporter presenter, SCTV menggelar lomba News Presenter dalam acara tour SCTV Goes to Campus.”

Selasa, 24 Maret 2015 merupakan hari pertama “SCTV Goes To Campus”. Acara yang dihelat adalah lomba News Presenter. Ratusan peserta yang sedang mengikuti sesi wawancara dan sesi taping untuk lomba News Presenter tampak memadati gedung Auditorium UNS. Posisi juri diisi oleh Abbas Yahya (Kepala Liputan 6), Retno Pisnasti (Produser dan Presenter Liputan 6), Raymond Kaya (Kepala Peliputan), Merdi Sofansyah (Executif Produser Liputan 6), serta Nova Utami Carmeliya (HRD). Hal-hal yang diujikan diantaranya tes pengetahuan umum, tes psikologi, serta tes membawakan berita.

Acara SCTV Goes to Campus telah diselenggarakan sejak tahun 1997 dengan tujuan ingin menjaring anak-anak muda yang memiliki potensi untuk menjadi presenter dan reporter. Bagi Retno Pinasti selaku salah satu juri ketika diwawancarai mengatakan bahwaNews Presenter bukanlah pekerjaan yang sekadar dapat narsis di TV, Selasa (24/3). Kriteria utama untuk dapat lolos penjurian lomba News Presenter ini bagi Retno adalah jiwa jurnalisme. Menurut Retno ketika diterima di SCTV tugas utamanya adalah sebagai reporter atau produser. Sedangkan presenter merupakan tugas tambahan. Sehingga tidak ada yang hanya presenter saja. “Saya jobnya produser presenter. Nacita itu reporter presenter. Di kami (SCTV-red) itu sudah merupakan satu kesatuan. Jadi tidak bisa kalau hanya presenter,” ungkap presenter yang menyukai dunia jurnalistik sejak mengikuti lomba membaca berita SCTV pada tahun 1997 ini.

Retno juga menambahkan bahwa ia sangat berharap di UNS ia dapat menemukan bibit jurnalisme sesungguhnya. Karena baginya, sekarang ini ketika ditawari menjadi presenter maka ada banyak sekali yang berminat. Sementara ketika ditawari menjadi reporter hanya sedikit sekali yang berminat.

Lomba News Presenter itu nantinya akan memperebutkan 3 juara dengan hadiah 7,5 juta bagi juara pertama, 5 juta bagi juara kedua, serta 2,5 juta untuk juara ketiga. Bagi pemenang nantinya akan berpotensi untuk menjadi reporter di SCTV. “Pemenang dari lomba ini berpotensi menjadi reporter di SCTV. Kami tidak langsung merekrut pemenang menjadi reporter SCTV. Kalau untuk menjadi reporter ada tahap seleksi layaknya seleksi karyawan lainnya, seperti psikotes. Namun, untuk pemenang memang nantinya potensi untuk dapat direkrut lebih besar,” papar Ikarini Latunida selaku HRD yang bertugas menangani teknis perekrutan dalam acara tersebut pada Selasa (24/03). Para pemenang lomba News Presenter nantinya akan diumumkan pada hari kedua acara yaitu Rabu 25 Maret 2015 di gedung Auditorium UNS Surakarta.

Salah satu peserta lomba News Presenter, Abisma, mengaku acara SCTV Goes to Campus sangat berguna karena sangat menambah wawasan dan untuk menggali potensi diri. “Tujuan saya ikut lomba ini ingin menggali potensi diri yang ada di saya untuk dikembangkan secara luas,” ujar Abisma mahasiswa Univet Sukoharjo.

_Aristi & Aning

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *