Menjual Branding Javanologi

Lpmmotivasi.com-Banyaknya buku dalam bahasa Belanda dan bahasa Jawa digunakan sebagai Branding untuk Javanologi UNS, Dr. Sutanto selaku Wakil Rektor 4 bidang rencana dan pengembangan (renbang) mengatakan bahwa ribuan buku dalam bahasa belanda dan bahasa jawa untuk membedakan UNS dengan universitas yang lain. “Lha dari itu saya melihat namanya javanologi itu untuk branding, untuk possitioning, untuk differentiation” katanya. (25/5)

Sehubungan dengan hal tersebut, Sutanto menyebut bahwa UNS memliki ahli yang dapat menerjemahkan naskah kuno, seperti Pak Radjiman dan Pak Supardjo. “Sekarang Amerika dan Australia semua belajar ke situ, mereka mendirikan yayasan yang mengoleksi karya-karyanya“ Ujarnya.

Selain untuk branding menurut Sutanto pembangunan Javanologi ini bertujuan untuk menggali kembali nilai-nilai Jawa yang kemudian diaplikasikan pada konteks kekinian. “menerjemahkan kembali kitab-kitab kuno dan tulisan-tulisan itu kita analogikan dengan kejadian hari ini, syukur kita forcasting (memprediksi_red)”. Ungkapnya.

Mengenai anggaranya,  Sutanto mengatakan bahwa anggaran pembangunan Javanologi itu dari APBN. Ia juga menuturkan bahwa ketika anggaran diterima kemudian dilelangkan tetapi ternyata pemborong tidak sanggup menyelesaikan. “nah ketika dilelangkan itu ternyata ada pemborong yang tidak sanggup menyelesaikan, maka tidak bisa dibayar, duitnya itu kemana? Ya dikembalikan ke negara.” Tuturnya. Terkait pembangunan yang belum selesai tersebut menurut Sutanto anggaran akan diajukan lagi pada tahun 2017 untuk melanjutkan kelengkapannya.

Soma Persada

Triana Febri

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *