Menengok Kembali Stasiun Kartasura

lpmmotivasi.com- Katanya stasiun, tapi kok warung sate? Ya, dulunya memang tempat yang sekarang menjadi warung sate Pak Bagong ini merupakan tempat yang memiliki nilai historis dalam pertransportasian di area eks-Karesidenan Surakarta. Bekas stasiun Kartasura ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani 66, Tegal Sari Lor RT 01 RW IV Kartasura, Sukoharjo, tepatnya diseberang Pasar Tradisional Kartasura.

 

Dulunya stasiun ini menghubungkan Boyolali-Kartasura-Gembongan-Purwosari-Sriwedari-Pasar Pon-Sangkrah yang mana pada masa itu kerata api menjadi alat transportasi utama. Stasiun-stasiun tersebut pada akhirnya berhenti beroperasi pada tahun 1960an.

 

Sisa-sisa Stasiun Kartasura yang masih dapat terlihat sampai sekarang adalah papan kayu bertuliskan “Kartasura” di atap bangunan tersebut yang menunjukkan tempat pemberhentian stasiun di masa itu.

 

Tempat yang digunakan oleh warung sate Pak Bagong ini dulunya merupakan tempat penjualan tiket kereta api, tepat dibawah televisi yang ada di warung tersebut.

 

Rumah dinas dari petugas stasiun juga masih ada sampai sekarang, yang kemudian oleh PT.KAI disewakan kepada warga sekitar. Yang walaupun sebenarnya tanah tempat stasiun ini didirikan dulu merupakan tanah milik warga sendiri yang kemudian di beli oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

 

 

Rama Gian Alrasyid

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *