Manfaatkan Momentum Hardiknas, BEM UNS Tuntut Kemenristek


LPMMOTIVASI.com-BEM UNS melakukan aksi Demonstrasi Hardiknas di depan rektorat pada pagi hari Senin (2/5) kemarin. Aksi yang dilaksanakan sekitar pukul 10.00 pagi menuntut permasalahan terkait isu pendidikan tinggi.

“Ada sepuluh tuntutan yang dikemukakan aksi BEM pagi hari tadi,” kata Febri selaku presiden BEM FKIP yang ikut serta aksi Demonstrasi Hardiknas (2/5). Sepuluh tuntutan aksi mencakup masalah yang disepakati oleh BEM se-UNS, ditambah isu PPG yang khusus dikemukakan oleh BEM FKIP.

Sepuluh tuntutan tersebut mencakup pembuatan kebijakan pro mahasiswa, menyesuaikan usulan anggaran BOPTN, transparansi UKT, menolak kenaikan UKT, menghapus pasal 9 permenristek dikti no.22 tahun 2015 mengenai penarikan sumbangan lain oleh perguruan tinggi terhadap mahasiswa seleksi jalur mandiri, menuntut pengadaan beasiswa BBP-PPA kembali, menolak PTNBH, Memastikan MWA diatur dalam UU, segera menyelesaikan permasalahan pendidikan, menuntut M. Natsir untuk mundur dari jabatan Menristek Dikti jika tidak mampu menyelesaikan permasalahan di pendidikan tinggi.

Demonstrasi yang berlangsung sekitar satu jam ditanggapi oleh pihak Rektorat. Pihak rektorat yang diwakili oleh Darsono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. “Temuan dari saudara (mahasiswa) akan kami lanjutkan kepada Kemenristek” tanggap Darsono. Tampak pula Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Aksi ini telah gencar disosialisasikan BEM lewat berbagai Media Sosial sekitar seminggu sebelumnya. Namun, partisipasi mahasiswa masih sedikit. Terlebih terdapat tiga BEM Fakultas yang tidak turut serta, yakni  BEM dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Budaya.

 

Bukhori_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *