Mahfud MD Bantah Pemerintahan Orba Tidak Sah

LPMMOTIVASI.com—Rabu (23/3) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS serta Keluarga Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar mengadakan Diskusi Nasional berjudul Implikasi Supersemar Bagi Peradaban Indonesia. Farid Sunarto selaku perwakilan dari IKA UNS mengungkapkan dengan adanya acara tersebut diharapkan masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham yang memutarbalikkan fakta.

Dalam kesempatan tersebut hadir Mahfud MD yang berbicara sebagai pakar tata hukum negara. Ia membantah bahwa Supersemar adalah sebuah alat perampokan kekuasaan yang tidak sah. “Seumpama benar, seumpama ya, seumpama benar pemerintahan orde baru mengambil alih kekuasaan melalui Supersemar, maka pemerintahan Orde baru tetap sah,” tegas mantan ketua MK tersebut. Ia menjelaskan bahwa di dalam fakta politik hukum tata negara, pengambilan kekuasaan di luar cara konstitusi dapat dijadikan sumber hukum, asalkan dapat dipertahankan secara efektif dan mendapat pengakuan dunia internasional. Ia menyatakan bahwa dekrit presiden 5 Juli 1959 dan Proklamasi Kemerdekaan 1945 juga merupakan suatu perebutan kekuasaan secara inkonstusional.

Selain Mahfud MD, dalam diskusi nasional tersebut hadir pula Subiakto Tjakrawardaya (mantan menteri koperasi tahun 1993-1998), Letkol. Inf. Eko Ismadi (Kepala Perpustakaan dan Sejarah Angkatan Darat), Stepi Anriani (pengamat intelijen dan komunis gaya baru), serta Mahfudi (penulis buku 50 inisiatif Pak Harto).

Dalam diskusi tersebut juga dibacakan sebuah Petisi Peduli Beasiswa Supersemar yang berisi kritikan tentang ketidakjelasan penyaluran beasiswa Supersemar. Dalam petisi tersebut juga pemerintah diminta agar beasiswa supersemar kembali dibuka, lebih memperhatikan siswa-siswa yang terkendala kondisi ekonomi, melakukan tindakan preventif terhadap pihak-pihak yang mengurangi semangat belajar siswa, serta hibuan untuk tidak melupakan cita-cita luhur pendiri bangsa, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Aristi_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *