“Mabar” UKM FKIP

lpmmotivasi.com- Bulan Suci Ramadan merupakan momen yang tepat untuk menjalin silaturahmi, salah satunya melalui acara Buka Bersama (Bukber). Tidak ingin ketinggalan, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UKM FKIP UNS) mengadakan hal serupa yang dilaksanakan di aula UKM pada Rabu (22/05/2019). Namun, acara ini tidak menggunakan kata “Bukber”, melainkan panitia menyebutnya dengan “Makan Bersama” (Mabar). Hal ini dikarenakan UKM FKIP tidak hanya beranggotakan mahasiswa muslim, tetapi ada dua UKM yang merupakan UKM non-muslim, yaitu Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK) dan Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK).

Acara ini menjadi ajang untuk mempererat hubungan antar anggota UKM FKIP. Menurut Ahmad Afifudin, selaku ketua pelaksana, acara ini bertujuan untuk mengakrabkan satu UKM dengan UKM lainnya. “Mungkin tujuan utamanya untuk mengakrabkan satu UKM dengan yang lainnya. Jadi, kemarin seperti yang sudah dibahas agar antar UKM dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain,” ungkapnya.

Panitia dari acara ini merupakan delegasi yang berjumlah dua orang dari setiap UKM, seperti Anisahtun Zahro yang merupakan panitia dari perwakilan UKM Lingkar Studi Pendidikan (LSP). “Ini bukan pertama kalinya aku jadi panitia bareng anak UKM lain. Jadi udah ada beberapa yang aku kenal juga,” ujarnya. Menurutnya, acara ini menjadi salah satu cara untuk mengenal satu sama lain.“Dengan adanya acara ini kita bisa saling mengenal anak UKM lain, jadi kalau ketemu kita tuh enggak diem-dieman aja, apalagi kita di satu gedung yang sama,” tambahnya.

Peserta pada acara ini merupakan anggota UKM FKIP tanpa ada batasan tertentu. Menurut Sri Rahayu, salah satu peserta dari Brahmahardika mengatakan bahwa ia datang atas kemauannya sendiri. “Sebenarnya kan awal mula acara ini ada perwakilan kepanitiaan untuk setiap UKM ngirim dua orang buat ngadain acara ini. Nah kebetulan pas waktu itu diberitahukan ke anggotaku. Terus kebetulan saya, ya mau sendiri, karena biar bisa deket sama yang lain juga, biar bisa tahu saling mengenal satu sama lain. Kebetulan saya kalau dirasa angkatan kan angkatan udah lama, angkatan 2016. Jadi ya biar kenal sama adik-adiknya, enggak angkatan saya aja,” ujarnya

Acara yang baru pertama diadakan ini, diharapkan dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Sri Rahayu berharap, ke depannya acara “Makan Bersama” ini dapat dikemas lebih baik lagi. “Semisal diadakan lagi ya bagus juga. Sebenarnya anggota anak UKM itu banyak banget. Jujur dari anggota saya sendiri banyak. Mungkin ini kurang menyeluruh juga, karena kadang perwakilan UKM hanya ada satu yang mewakili. Mungkin lebih baik lebih banyak pesertanya kan lebih banyak juga untuk mengenal satu sama lain. Harapan ke depannya supaya diselenggarakan lebih baik lagi dan pengemasan acaranya sih, biar dari kita terjalin ke depannya seperti apa,” tuturnya.

 

 

Vina Rusliana

Reza Pangestika

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *