Kinerja DEMA yang Dipertanyakan

lpmmotivasi.com- Dewan Mahasiswa (DEMA) merupakan badan legislatif di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Parlemen DEMA saat ini yaitu Parlemen KITA, yang merupakan singkatan dari Komunikatif, Informatif, Tanggap, dan Aspiratif. Salah satu fungsi penting DEMA yaitu melakukan pengawasan terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Menurut Eka Ahmad Rinaldhi, selaku Presiden BEM FKIP, dalam keberjalanannya fungsi ini dirasa sudah sesuai. “Menurut aku sendiri sudah sesuai ya. Cuma memang tinggal dioptimalkan saja beberapa fungsi,” Ia juga menambahkan agar fungsi pengawasan terhadap BEM dioptimalkan. “Saya rasa pengawasan belum optimal. Mungkin perlu dilakukan sidak atau apa, itu perlu. Buat peningkatan kualitas BEM atau lembaga yang di bawahnya,” tambahnya. (06/08/2019)

Selain pengawasan yang kurang optimal, Eka mengungkapkan bahwa koordinasi DEMA dengan UKM FKIP juga kurang optimal. Koordinasi hanya dilakukan melalui Forum Komunikasi (FORKOM) yang baru diadakan sebanyak tiga kali. “Dalam lima bulan tapi baru tiga kali, ya itu sangat kurang. Sehingga UKM nya ya agak… bisa dibilang ya udah gitu, ” ungkapnya. Eka menyarankan agar FORKOM dapat dilaksanakan satu bulan sekali untuk menciptakan komunikasi yang efektif, baik dari DEMA ke UKM maupun sebaliknya. “Karena FORKOM nanti juga bisa mempengaruhi kualitas UKM dan DEMA itu sendiri. Bahwa DEMA itu ada,” ujarnya.

Senada dengan Eka, Mellinda Fitria Astuti, pengurus UKM Teater PERON juga mengungkapkan kurangnya koordinasi DEMA dengan UKM. “Belum keliatan koordinasinya, karena komunikasi antara DEMA dengan UKM belum bisa dikatakan baik. Masih sering salah komunikasi, misalnya peminjaman aula UKM. Dari UKM sini udah booking tempat hari ini misalnya, dari DEMA sendiri sudah mengiyakan tinggal masukin surat. Ternyata UKM lain pinjamnya juga hari ini, jam ini, jadi bertabrakan, ” ungkapnya. (07/08/2019)

Hal lain diungkapkan oleh Alma, pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMANOMI). Ia mengaku belum mengetahui kinerja DEMA. “Jujur, saya belum mengetahui kinerja DEMA terkait tugas dan fungsinya. Ya saya tahunya DEMA ya sekadar DEMA saja. Dewan Mahasiswa,” ujarnya. (02/08/2019)

Harapan dari Eka dan Alma senada, yaitu agar ke depannya DEMA bisa dikenal dan dekat dengan mahasiswa serta kinerjanya dapat dirasakan oleh semua Mahasiswa. Mellinda menambahkan agar komunikasi DEMA dengan UKM dapat lebih baik lagi. Uniknya, ia juga berharap agar ada pengurus yang berada di sekretariat DEMA. “Ruangannya diisi dulu deh,” tambahnya.

 

 

Ika Yulianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *