Kiat Mengendalikan Diri dari Rasa Insecure

 

Insecure dapat dikatakan sebagai perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi. Munculnya perasaan yang tidak nyaman tersebut, dapat mengganggu Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Umumnya permasalahan ini muncul pada generasi remaja. Gejala insecurity akan membuat Anda menjadi kecil hati dan pesimis untuk melangkah.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi rasa Insecure Anda:
1. Pahami dan Kenali Permasalahan Anda 
Seperti yang dilansir dari Everyday Health, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menanyakan pada diri sendiri alasan merasa tidak nyaman terhadap kehidupan Anda karena rasa insecure dapat memiliki banyak penyebab. Jika Anda sudah mengetahui akar ketidaknyamanan dari rasa insecure tersebut, Anda akan lebih terarah untuk mengatasinya.

2. Ubahlah Perspektif Berpikir 
Berhentilah menghakimi diri sendiri dengan keras. Terlalu banyak berpikir tidak baik untuk kesehatan Anda. Anda harus lebih mengerti terhadap kebutuhan diri sendiri. Jangan selalu berpikir bahwa Anda tidak hebat, Anda tidak pintar, bahkan Anda tidak berharga. Change your thoughts and you change your world! Mulailah memiliki pikiran positif!

3. Lakukan Hal-Hal yang Positif 
Temukan hobi Anda. Seringkali, Anda terlalu fokus dengan kekurangan dan selalu membandingkan dengan orang lain sehingga membuat Anda menjadi insecure. Saat Anda disibukkan dengan kegiatan yang disenangi, Anda tidak akan ada waktu untuk memikirkan masalah rasa insecure Anda. Bila Anda belum tahu kegiatan apa yang disenangi, jangan takut untuk mencoba semua hal baru! Never try, never know!

4. Bergaulah dengan Orang-Orang yang Supportif 
Semua orang pasti membutuhkan teman yang bisa mendukung dirinya di saat mereka sedang down. Saat Anda mulai merasa insecure, komunikasikan kepada teman-teman terdekat dan jangan dipendam sendiri. Mereka akan mendorong dan mengingatkan tentang hal positif yang Anda miliki.

5. Berikan Reward pada Diri Sendiri 
Keberhasilan sekecil apa pun, harus Anda hargai. Untuk setiap tujuan Anda yang tercapai, meski belum sempurna sekalipun berikanlah hadiah untuk diri Anda sendiri. Fokus pada penghargaan untuk diri sendiri dapat membantu Anda menghilangkan pikiran negatif pada hari-hari selanjutnya.

6. Meminta Bantuan Kepada Orang Lain
Jika sudah merasa sangat tidak nyaman, terbukalah dan komunikasikan pada orang terdekat, seperti orangtua, teman, atau pasangan. Mereka sukarela memberikan dorongan dan bimbingan kepada Anda dalam segala hal. Bisa saja dengan bantuan dan dukungan dari orang terdekat dapat mengurangi perasaan insecure Anda. Bila Anda mulai merasa insecure berlebihan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan seorang psikolog.

Itulah cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari insecure. Fokuslah pada kemampuan diri sendiri dan yakinlah bahwa tiap orang dianugerahi kemampuan yang spesial. Anda harus ingat pentingnya bangkit setelah jatuh, bertahan untuk tetap berjuang. Namun, tidak ada salahnya meminta bantuan orang terdekat maupun pada psikolog untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Perbanyaklah bersyukur, jauhi insecure. Kalau kata bang Entis Sutisna “Smile You Don’t Cry”.

Referensi:
Rahman, Salsabila Fauziah. 2020. “Mudah, Begini 6 Cara Mengatasi Insecure”, https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.liputan6.com/health/read/4148986/mudah-begini-6-cara-mengatasi-perasaan-insecure&ved=2ahUKEwje9Zf0qd3pAhWOUn0KHe6lAKw4ChAWMAB6BAgGEAI&usg=AOvVaw3xu0GEdT5EvJBUKq6BPbuf, diakses pada 28 Mei 2020.
Hutapea, Yemima. 2018. “Penyebab dan Cara Mengatasi Insecure”, https://www.google.codm/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2018/14834/penyebab-dan-cara-mengatasi-rasa-insecure&ved=2ahUKEwjGl4bjqd3pAhVggUsFHVFUAHgQFjAGegQICBAB&usg=AOvVaw2HVFMf_3RsX3Y2LN6REmvP, diakses pada 28 Mei 2020.

 

Robbi Aannasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *