Katalogisasi Perpustakaan Pusat Belum Selesai

lpmmotivasi.com- Sentralisasi perpustakaan fakultas menuju UPT perpustakaan pusat sampai saat ini masih dalam tahap setengah jalan. Selain dari katalogisasi yang belum selesai, jadwal buka perpustakaan juga masih dalam tahap pengkajian. Menurut kepala UPT perpustakaan Rohmadi menegaskan ” pihak UPT perpustakaan sudah melakukan upaya percepatan layanan dan layanan yang berbasis prima dan unggul agar menjadikan UPT perpus pusat menjadi pusat sumber belajar dan informasi yang mendukung tri darma perguruan tinggi”.

Melihat fakta yang ada proses percepatan yang dilakukan UPT perpustakaan ini dirasa belum memuaskan. Banyak dari mahasiswa menyesali proses yang tak kunjung usai ini, yang paling terlihat jelas adalah proses katalogisasi buku perpustakaan. Menurut mereka katalogisasi yang belum selesai ini bisa menghambat dalam pencarian referensi untuk bahan perkuliahan mereka hal ini diungkapkan oleh Amik Sugiarti mahasiswi Biologi FMIPA 2015, “Untuk pemindahan buku yang belum selesai ini memiliki dampak negatif, bagi mahasiswa yang sedang membutuhkan buku yang mereka cari tapi tidak ada di fakultasnya sedang di fakultas lain ada, namun  belum dipindahkan ke perpustakaan pusat maka mereka tentu saja akan kesulitan untuk mendapatkannya”. Pendapat yang sama juga dilontarkan oleh Nilam Cahya Retno M – Sastra Arab FIB 2015, “Pengkatalogan itu bermanfaat tapi ketika pengkatalogan itu belum selesai, banyak mahasiswa yang terhambat untuk meminjam buku karena kebutuhan buku mahasiswa itu beraneka ragam. Sebagai contoh, mungkin ada dari mahasiswa Pendidikan Bahasa yang membutuhkan buku dari mahasiswa Sastra dan ketika di perpustakaan pusat, buku-buku dari Fakultas Ilmu Budaya belum tersedia maka mahasiswa yang membutuhkan itu akan merasa kesulitan”.

Saat ditemui pada 12/05/16 Rohmadi menuturkan bahwa katalogisasi ini ditargetkan selesai pada awal Mei, namun karena terkendala dari UPT TIK yang masih banyak proyek dan data dari perpus fakultas yang belum masuk database  membuat katalogisasi ini belum selesai. Dari 10 fakultas yang ada baru dari FKIP dan FH yang sudah masuk ke UPT perpustakaan pusat. Beliau berharap pada bulan Juni atau Juli katalogisasi ini sudah selesai. Narno pegawai UPT perpustakaan pusat bagian katalogisasi juga menuturkan hal yang sama  “Pemindahan buku dari fakultas ke perpus pusat baru fakultas FKIP dan Hukum, fakultas yang lain belum. Untuk saat ini baru FKIP dan Hukum, hanya saja yang sudah gabung dengan database yang ada di perpustakaan pusat baru FKIP sementara Fakultas Hukum belum “.

Dalam upaya UPT Perpustakaan Pusat untuk mengintegrasikannya secara nasional dengan PNRI, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat database dari tiap-tiap fakultas agar menjadi satu dengan UPT Perpustakaan Pusat. Dilandasi tidak seluruh fakultas memiliki database yang rapi dari tiap koleksi buku mereka membuat UPT perpustakaan pusat harus menginput data tersebut secara ulang.

Selain itu demi menghadirkan pelayanan yang prima dan unggul, UPT Perpustakaan Pusat juga membuat jadwal baru yang berlaku mulai tanggal 1 Mei kemarin. “Menurut saya itu bagus, dapat membantu mahasiswa untuk dapat berlama-lama berada di perpustakaan,  mencari sumber lagi. Karena mungkin ketika perpustakaan tutup jam 3 ada mahasiswa yang sibuk kuliahnya sampai sore, jadi ke perpus tidak bisa kalau diperpanjang sampai jam 6 sore itu nanti pulang kuliah bisa nyempetin ke perpus dulu”,  tutur Amik Sugiarti  Biologi FMIPA 2015. Namun jadwal ini akan dikaji ulang dimana perlunya perpustakaan buka sampai malam atau tidak. Kepala UPT Perpustakaan Pusat Rohmadi menegaskan akan membuat kuesioner tentang perlu tidaknya perpustakaan buka sampai malam.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *