Jokowi Dorong UNS Hasilkan SDM Kompetitif

LPMMOTIVASI.com—Jumat (11/3) menjadi hari monumental bagi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS). Pada tanggal yang sama di tahun 1976 lalu kampus ini berdiri dan diresmikan oleh Presiden Soeharto. Kini kampus yang menyandang predikat sebagai Kampus Hijau ini genap berusia 40 tahun. Pada perayaan lustrum kedelapan ini Presiden RI Joko Widodo turut hadir dalam sidang senat terbuka yang merupakan agenda rutin pada perayaan dies natalis UNS. Tampak juga Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pada lustrum UNS ke delapan ini, UNS mengangkat tema “Internasionalisasi Universitas Sebelas Maret Berbasis Budaya Nasional”, Ravik Karsidi selaku Rektor UNS menyampaikan pidatonya yang berisi prestasi-prestasi yang telah dicapai UNS.

Presiden Joko Widodo turut memberikan kuliah umum terkait percepatan untuk menghadapi persaingan global. Ia menjelaskan bahwa dalam persaingan global terdapat dua hal yang diperebutkan yakni energi dan pangan. “Keuntungan Indonesia adalah kita memiliki keduanya. Namun, strategi ekonomi kita tidak baik. Masalah manajemen,” ungkapnya dalam pidato. Ia menghimbau agar UNS sebagai perguruan tinggi menyesuaikan diri dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif. Ia menghimbau agar UNS menyebarkan budaya optimisme dan meningkatkan riset yang dapat memperkuat kompetisi.

Pada acara perayaan lustrum kedelapan tersebut, diberikan beberapa penghargaan bagi alumni UNS yang berprestasi, penganugerahan gelar doktor, penandatanganan kerja sama dengan Universitas Okushikan Jepang, serta penandatanganan prasasti sebagai peresmian beberapa bangunan baru UNS. Beberapa bangunan baru yang diresmikan antara lain bangunan Perpustakaan, Rumah Sakit, serta perbaruan gedung di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian oleh Kemenristek Dikti. Teknologi terbaru yang dimiliki UNS, yakni Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), juga turut diresmikan hari ini oleh Kemen PU dan PR.

Aristi_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *