HMP Grafitasi Mengadakan Science Week ke-9

lpmmotivasi.com-Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Grafitasi FKIP UNS mengadakan acara Science Week ke-9 (6/11). Science Week terdiri dari empat rangkaian acara yaitu lomba fisika tingkat SMA dan SMP se-jawa, lomba esai untuk mahasiswa, seminar nasional, dan expo alat-alat fisika. Rangkaian acara tersebut berlangsung di gedung D dan gedung F FKIP UNS.

Science week adalah program tahunan yang diadakan oleh HMP Fisika Grafitasi. Tujuan diadakannya acara Science Week ke-9 adalah untuk mengapresiasi para mahasiswa dalam berkarya, memberi wadah bagi siswa SMP maupun SMA untuk menyalurkan bakatnya terutama di bidang fisika, dan sebagai wadah diskusi isu masa kini seperti yang disampaikan oleh ketua panitia Science Week ke-9, Cheria (20) “Sebagai mahasiswa kita ingin mengapresiasi karya-karya mahasiswa untuk mengirimkan karyanya lewat esai, memberi wadah kepada adik-adik SMA dan SMP untuk menyalurkan bakatnya terutama di bidang fisika melalui lomba fisika ini, untuk seminar tentu untuk wadah diskusi tentang apa yang perlu dibahas untuk sekarang dan untuk masa depan”

Rangkaian acara Science week ke-9 sendiri dilaksanakan dua hari dalam dua minggu. Babak penyelisihan lomba fisika dilaksanakan pada hari pertama, 26 Oktober 2016 diikuti oleh SMP dan SMA se-jawa dengan jumlah peserta total 253 siswa. Sedangkan pada hari kedua, 6 November 2016 acara yang diselenggarakan berupa seminar dengan pembicara  Dr. Sc. Agr. Rahayu, SP (Ketua UPPKN UNS), Dr. Sigit Puspito Wigati Jarot (Ketua Forum 5G Indonesia), serta Reynaldy Akbar (Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Politik Indonesia), yang bertemakan “Indonesia Emas 2045: dari Pemuda, dengan Teknologi, untuk Indonesia” dan diikuti oleh 282 orang peserta, expo alat-alat fisika, semifinal dan final lomba fisika.

Pada akhir rangkaian acara diumumkan pemenang lomba esai serta lomba fisika tingkat SMP dan SMA se-jawa. Adapun lomba fisika tingkat SMA  dimenangkan oleh Alliffiqri Taqwa SMA SBBS  (juara 1), Rinaldi Fajrian SMA MTA Surakarta (juara 2),  Nurismatul Izzah MAN Demak (juara 3). Pada tingkat SMP yaitu Syallom Gita M SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta (juara 1), Zaifun Zahra MTs N 1 Surakarta (juara 2), dan Muhammad Ashim Alfa Birri MTs NU TBS KUDUS (juara 3). Sedangkan pada lomba esai tingkat mahasiswa dimenangkan oleh Rista Tiana & Ingrid Elvina dari UNS (juara 1), Bernadetha Aurelia Oktavira & Stefanie Waringga Yogg dari UNS (juara 2), serta Ahadi Damar Prasetya & Muhammad Faidzdiya Ulhaq Kharisma dari UGM (juara 3).

Ari (magang) Opank (Magang)

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *