Goenawan Mohammad Raih UNS Award 2017

Lpmmotivasi.com – Goenawan Mohammad mendapatkan penghargaan UNS Award 2017. Goenawan Mohammad merupakan wartawan senior Tempo yang menerima penghargaan dengan kategori Parasamya Anugraha Dharma Krida Budaya. Disamping menerima penghargaan, Goenawan juga memberikan Orasi Ilmiah berjudul ‘Universitas dan Pasca-kebenaran’. Penghargaan ini merupakan rangkaian acara Sidang Senat terbuka di Auditorium UNS dalam rangka Dies Natalis UNS ke 41 tahun, Sabtu (11/3).

Goenawan mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan ini bukan sekedar tanda apresiasi kepadanya dan banyak rekan di bidang kebudayaan. Namun, penghargaan tersebut sebagai pengingat bahwa ada lembaga yang mengikutinya, sehingga menjadikan pribadinya lebih bertanggung jawab atas kinerja selama ini.

Ravik Karsidi selaku rektor menyampaikan disela-sela pidatonya bahwa Pengahargaan ini merupakan bentuk dari dedikasi Goenawan Mohammad dalam bidang kebudayaan. Penghargaan ini menambah koleksi penghargaan Gunawan disamping A. Teeuw Award (Leiden), Dan David Award (Tel Aviv) dan Louis Lyons Award (Harvard) yang telah ia terima lebih dahulu.

Goenawan membuka orasi ilmiahnya dengan menyampaikan kerisauan dan keprihatinannya atas kondisi kebanyakan orang pada akhir-akhir ini. “Pembicaraan saya berangkat dari kerisauan dan rasa prihatin banyak orang hari-hari ini. ketika udara politik gaduh riuh oleh berita bohong, informasi palsu, fitnah dan suara kebencian yang tak henti henti, sebuah situasi yang sebelumnya dalam sejarah politik kita tak pernah ada” tuturnya.

Lebih lanjut, Goenawan berpendapat bahwa Civitas Akademika telah menunjukan pertumbuhannya yang mengesankan. “saya yakin bahwa civitas akademika universitas ini senantiasa ingat apa yang hendak dicapai ketika mereka secara serius mengembangkan lembaga pendidikan tinggi ini. Civitas Akademika telah menunjukan kepada kita pertumbuhannya yang mengesankan.” jelasnya.

Soma Persada

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *