Gelar Seni Pendidikan Bahasa Jawa 2015

lpmmotivasi.com-Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Jawa (Prodi PBJ) FKIP UNS  angkatan 2015 melaksanakan Gelar Seni Pentas Ketoprak pada Jum’at (10/2). Acara yang berlokasi di Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta merupakan agenda turun temurun dari Prodi PBJ. Agenda pembuka Gelar Seni ini  menampilkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Prodi PBJ. Selanjutnya acara Gelar Seni ini menampilkan Jawa Beksan atau tarian klasik di tanah Jawa, Javakustik yang merupakan kolaborasi dari lagu jawa dengan musik akustik, Pulpen Ijo yang merupakan karya kumpulan penulis jawa, Wibawa Laras atau permainan karawitan dan penampilan UKM Javapella. Acara inti dalam Gelar Seni ini  menampilkan Pentas Ketoprak.

Acara ini dihadiri oleh pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan, namun ramai dihadiri oleh kalangan muda atau mahasiswa. Selain tidak memungut biaya apapun, Gelar Seni Pentas Ketoprak ini juga menyediakan doorprize bagi penonton yang bisa menceritakan secara utuh alur cerita Gelar Seni Pentas Ketoprak tersebut.

Kebanyakan penonton hadir untuk melihat Pentas Ketoprak.  “Saya itu penasaran dengan Pentas ketopraknya. Hanya pernah mendengar Pentas Ketoprak tapi belum pernah melihat secara langsung” ungkap Ashar, Warga Asal Makassar yang ada di Surakarta.

Acara ini ditujukan untuk memperkenalkan budaya Jawa kepada penonton, khususnya di kalangan generasi muda. Pentas ini bermanfaat untuk Nguri-uri budaya Jawa atau melestarikan budaya Jawa di kalangan masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh seorang penonton, “Acara seperti ini sangat bermanfaat, dimana moral anak bangsa yang saat ini sedang amburadul dapat diperbaiki melalui Gelar Seni Pentas Ketoprak yang memiliki nilai-nilai moral dan nilai yang luhur. Sehingga, dapat menjadi cerminan bagi masa depannya dan untuk melestarikan budaya jawa juga” Jelas Dian, Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNS.

 

Pinky Annisa/Annisa Safira

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *