FMIPA Tidak Berani Menyelenggarakan Semester Antara ‎

lpmmotivasi.com-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tidak berani menyelenggarakan semester antara. Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Desi Suci Handayani, S.Si., M.Si mengatakan, meskipun pada SK Rektor tertulis pelaksanaan semester antara dapat diselenggarakan oleh program studi, akan tetapi pihaknya belum berani meyelenggarakan apabila belum ada aturan yang jelas. “Memang dikembalikan ke fakultas, karena memang arahan di SK-nya ke fakultas. Tapi kita di sini, kalau belum ada payung hukum yang jelas untuk melaksanakan (semester antara_red) kita enggak berani,” terangnya, saat ditemui diruangannya, Selasa (1/10).

Perlu diketahui, SK Rektor UNS NO. 582/UN27/HK/2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan memuat kebijakan penyelenggaraan semester antara. Kebijakan tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Permenristekdikti No.44 tahun 2015 pasal 15 ayat (4) tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Akan tetapi, dalam SK Rektor tersebut tidak mencantumkan mekanisme penyelenggaraan semester antara. Keputusan Penyelenggaraan Semester antara  keluar bersama perubahan tentang rentang nilai mahasiswa.

Menurut PP nomor 17 tahun 2010, Semester antara merupakan semester singkat diantara semester genap dan semester ganjil untuk menyelenggarakan remidiasi, pengayaan, atau percepatan. Salah satu tujuan diadakan semester antara adalah percepatan studi mahasiswa yang dapat meningkatkan Angka Efisiensi Edukasi (AEE) suatu universitas.

Semester antara ini, kata Desi, pembahasannya belum selesai sehingga belum diketahui arahannya akan di bawa ke mana. Pimpinan fakultas pun belum melakukan pembahasan lebih lanjut terkait penyelenggaraan semester antara. “Kemaren ada audiensi mahasiswa yang menginginkan semester pendek, tapi kami kan belum ada payung hukumnya untuk menyelenggarakan,” tegasnya.

Sylva_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *