DIES NATALIS UNS KE-45

SOLO, LPMMOTIVASI.COM- Dies Natalis yang ke-45, UNS meraup banyak prestasi serta harapan baik untuk selalu terus melangkah.


Berdiri sejak tahun 1976, Universitas Sebelas Maret (UNS) merayakan Dies Natalisnya yang ke-45 pada Kamis, 11 Maret 2021. Dies Natalis kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ini merupakan Dies Natalis pertama UNS dengan status baru, yakni sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang mana resmi disematkan pada tanggal 6 Oktober 2020 sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.56 Tahun 2020.


Sebagai perayaan atas Dies Natalis ke-45, civitas akademika UNS mengadakan Sidang Terbuka Senat Akademik pada hari Jumat (12/03). Sidang yang dijadwalkan pada pukul delapan tersebut diselenggarakan secara luring dan daring yang juga disiarkan secara langsung di kanal Youtube resmi UNS. Sidang dibuka oleh Prof. Dr. Adi Sulistyono, M.H. selaku Ketua Senat Akademik UNS. Dilanjutkan oleh penyampaian kata sambutan sekaligus pemaparan prestasi-prestasi dan pencapaian UNS setelah menyandang status PTNBH oleh rektor UNS, Bapak Prof Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum . Beliau menuturkan bahwa pihak universitas telah bekerja keras untuk mengupayakan agar UNS mampu menjadi World Class University di masa mendatang. Kerja keras tersebut dibuktikan dengan masa transisi status menjadi PTNBH yang dilakukan oleh pihak UNS hanya dalam waktu dua setengah bulan di mana seharusnya berlangsung sekurang-kurangnya dua tahun.


Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang merupakan Ketua Dewan Wali Amanat UNS, disambung dengan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. “Semoga dengan menjadi PTNBH, UNS akan terus mengembangkan diri untuk menghasilkan lulusan unggul yang siap memasuki dunia kerja ataupun menciptakan lapangan kerja, lulusan yang memiliki karakter unggul sebagai insan pancasila” harap Bapak Nadiem pada Dies Natalis UNS kali ini. Selain itu, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pun tak ketinggalan memberikan ucapan selamat dan mengurai harapan-harapan baik untuk UNS di hari jadi yang ke-45. Dan beruntungnya, di perayaan ke-45 ini UNS berkesempatan memperoleh ilmu baru tentang ekonomi oleh Prof Robert Franklin Engle Ph.D. sebagai pemenang Nobel Ekonomi tahun 2003 dari New York University (USA).


Di penghujung acara UNS memberikan penghargaan secara resmi kepada para alumnus berprestasi yang pernah menempuh pendidikan di UNS sebagai apresiasi atas pencapaian mereka di dunia kerja saat ini. UNS juga memberikan penghargaan kepada doktor-doktor baru UNS yang mana saat ini telah berjumlah empat puluh persen dari keseluruhan mahasiswa di seluruh fakultas. Seluruh civitas akademika UNS tentunya sangat bergembira dan berterimakasih kepada semua pihak, baik internal UNS, kampus-kampus tetangga, para petinggi negara, maupun rekan-rekan internasional yang telah memberikan ucapan selamat sekaligus mendoakan serta menaruh harapan kepada UNS pada peringatan Dies Natalis ke-45 ini.


Semoga UNS bisa mempertahankan bahkan meningkatkan pencapaian yang telah diraih selama ini, serta konsisten dalam menyediakan pendidikan yang bermanfaat agar senatiasa menghasilkan lulusan-lulusan potensial sebagai generasi penerus bangsa nantinya. Semoga dengan status baru sebagai PTNBH ini, UNS dapat segera mencapai World Class University dan menjadi top universitas secara nasional maupun internasional.

Esti_
Wafi_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *