Dibalik Bangunan Tua

Selain dikenal dengan kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah Taman Sari. Taman Sari terletak di Jalan Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Tempat yang memiliki banyak sejarah ini sangat digemari oleh wisatawan, baik warga lokal maupun asing dan dari anak remaja sampai orang tua.

Tampak sekilas bahwa bangunan ini sudah tua, walaupun begitu keindahan dari bangunan iniĀ  masih tampak. Terlihat juga ukiran-ukiran dinding yang membuat para pengunjung seperti berada di keraton yang sesungguhnya. Banyak wisatawan yang berfoto ria di tempat itu.

Di dalam Taman Sari juga terdapat kolam kecil. Suara gemericik air, dan keindahan kolam membuat para pengunjung mengabaikan panasnya terik matahari. Ada juga anak tangga yang mengarah ke kolam ini, tetapi pengunjung dilarang untuk masuk ke kolam, guna menjaga kebersihan dan kealamian kolam.

Ditambah juga tanaman di samping kolam, menambah kesan alami dari kolam tersebut. Tanaman-tanaman tersebut juga membuat tempat sedikit lebih sejuk dan tidak terlalu panas. Di sini pengunjung juga dapat berfoto-foto ria.

Terdapat juga lorong bawah tanah. Lorong ini sangat gelap, hanya sedikit cahaya matahari yang bisa menembus celah-celah dinding lorong ini. Dinding yang dingin dan lembab membuat pengunjung tidak merasakan panas. Walaupun gelap, tempat ini sangatlah indah dan menjadi salah satu spot foto yang digemari oleh pengunjung. Lorong ini salah satu jalan yang menyambungkan semua tempat di Taman Sari.

Empat anak tangga ini juga bagian dari Taman Sari. Terdapat di tengah-tengah bangunan. Tempat ini sangat ramai dan juga salah satu spot foto yang digemari pengunjung. Untuk berfoto di sini harus mengantri terlebih dahulu. Untuk ketempat ini kita harus melewati lorong yang gelap, tetapi setelah sampai tangga ini sangat terang karena tempatnya yang terbuka.

Di bagian belakang terdapat bangunan terbengkalai dan ada bagian dari bangunan ini yang sudah runtuh. Bangunan ini sudah tidak memiliki atap, membuat cahaya bisa masuk ke dalam bangunan. Di sini juga termasuk salah satu spot foto yang menarik hati pengunjung.

Rida Yure Sabela

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *