BEM: Korban Janji

lpmmotivasi.com- Sidang Senat Dies Natalis ke-43 UNS berlangsung sangat protokoler, mulai dari serangkaian ceremonial pembukaan hingga penutupan pada Senin (11/03/2019). Di tengah euphoria tersebut tiba-tiba sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM se-UNS berkumpul di depan Auditorium. Mereka datang menagih janji bakal calon rektor untuk menyetujui Pakta Integritas yang mereka ajukan pada Sidang Senat Terbuka 6 Februari lalu. Selain itu, BEM se-UNS juga menagih adanya forum mahasiswa yang telah disetujui calon rektor sebelumnya.

Dalam orasinya, Firzan Ghifari Menlu BEM FKIP menegaskan bahwa “forum mahasiswa sangatlah penting, agar rektor yang baru dapat memahami keresahan yang dirasakan mahasiswa dan paham masalah pendidikan di kampus”. Orasi tersebut juga menyinggung masalah UNS menuju PTN-BH.

Prof. Sahid Teguh Widodo selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS mengatakan bahwa tugas panitia pemilihan rektor adalah menjalankan tugas dari Kemristekdikti. “Jika ingin mengadakan audiensi dengan calon rektor di luar kewenangan panitia, karena saat ini baru taraf penyaringan, 13-30 Maret akan dipilih satu dari 3 calon sebagai rektor terpilih. Saya tidak memiliki kewenangan untuk meminta forum mahasiswa. Karena ini baru hasil penyaringan, baru ada penetapan panitia menjamin suara sidang senat dapat tersalurkan,” jelas Prof Sahid.

Tak berselang lama perwakilan BEM UNS pun keluar dari Rektorat. Namun, gayung tak bersambut. Harapan untuk dapat bertatap muka dengan calon-calon rektor hari itu pupus. Faith, Presiden BEM UNS mengatakan, “kita menagih segala macem, cuma ketika menjelaskan selalu mentok, mentok, mentok bahkan statementnya mereka tidak mau.”

Mereka mencoba mendesak lebih jauh untuk dapat bertemu calon-calon rektor yang hadir pada Sidang Senat Dies Natalies tersebut. Namun sekali lagi, usaha yang dilakukan BEM se-UNS ini belum membuahkan hasil. Karena dirasa tidak menemukan jawaban yang diinginkan dan tak dapat bertemu dengan yang bersangkutan, mereka menyudahi aksi dan pulang membawa janji-janji calon rektor.

 

 

Rima Deswanti

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *