Angkat Lakon Dhemit, Teater Peron Siratkan Pesan Persatuan

lpmmotivasi.com- Teater peron FKIP UNS mengadakan pentas promosi 2018 pada selasa malam (8/10) bertempat di Aula Gedung F FKIP UNS . Dengan mengangkat lakon “Dhemit”, pentas tersebut memiliki makna tersirat akan persatuan dalam pementasannya. “Itu kan ada rantai, ada lainnya, itu melambangkan Pancasila, ideologi bangsa yang ingin digusur oleh pihak luar yang ingin menghancurkan Indonesia”, jelas Romlan, selaku ketua umum teater Peron.

Pementasan yang dikemas dalam drama musikal tersebut dimulai dengan adegan dedhemit yang menari-nari riang gembira. Kemudian kesenangan mereka terusik karena kedatangan sebuah proyek yang akan menggusur hutan tempat mereka bersemayam. Akhirnya dedhemit bersatu untuk menghentikan upaya penggusuran tersebut. Dilambangkan dengan simbol senjata seperti tameng berbintang, rantai, kepala kerbau, padi dan kapas, dan pohon Preh sebagai simbol pohon beringin, nuansa persatuan Pancasila sangat terasa pada pementasan tersebut.

Menurut Alifia, mahasiswa pendidikan sosiologi antropologi mengungkapkan bahwa pementasan tersebut termasuk dalam tontonan yang berat karena pesan disampaikan secara tersirat. “Cuman karena dikemas dengan cara yang lucu, tontonannya jadi menyenangkan”, imbuhnya.

 

Rohmat Wisnugroho

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *