Alumni SPB 2017 Wujudkan Kepedulian dalam Semarak Sumpah Pemuda

lpmmotivasi.com-Alumni Sekolah Penerus Bangsa 2017 menggalang dana sosial bagi korban banjir di Banyumas dengan menampilkan pertunjukan akustik dan musikalisasi puisi pada Car Free Day di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (29/10).

Kegiatan Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) yang rutin dilaksanakan setiap hari minggu, kerap dijadikan media dalam melakukan berbagai kegiatan oleh suatu organisasi. Salah satu bentuk kegiatannya adalah social project, yang dilakukan oleh alumni Sekolah Penerus Bangsa (SPB) 2017. Kegiatan tersebut bertujuan menggalang dana bagi korban banjir di Kabupaten Banyumas. SPB merupakan sekolah yang dibentuk oleh Badan EkseKutif Mahasiswa UNS bertujuan untuk melatih softskill bagi mahasiswa aktif UNS, terutama mahasiswa baru. Dengan mengangkat tema semangat Sumpah Pemuda “Yang Muda Yang Peduli”, mereka menampilkan pertunjukan akustik dan musikalisasi puisi juga penggalangan dana dengan menjualkan dagangan milik masyarakat sekitar Kampus Kentingan, UNS.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 06.00-09.00 WIB. Ketua panitia dari social project, Rifki N mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan di kelas saat proses belajar SPB. Kegiatan sosial ini dibuka dengan sambutan ketua panitia, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda. Untuk menambah semangat kebangsaan, mereka menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dilanjutkan dengan hiburan akustik. Agar menarik perhatian pengunjung, mereka menampilkan musikalisasi puisi lalu diakhiri dengan flashmob yang dilakukan oleh seluruh alumni SPB 2017. Rosidha Kusuma, salah satu pembaca puisi dalam kegiatan tersebut mengatakan “Saya bangga menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan ini, karena selain membantu korban banjir di Banyumas, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap sesama,” Minggu (29/10).

Dana yang terkumpul ditampung oleh Komisi Tanggap Bencana BEM UNS untuk disalurkan kepada korban banjir di Banyumas. Meskipun kegiatan sosial ini awalnya ditujukan bagi siswa yang belum lulus, namun antusiasme siswa lainnya cukup tinggi  sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. “Saya bangga dan sangat mengapresiasi usaha dan perjuangan para siswa alumni SPB 2017 ini, Saya berharap mereka tetap kompak dan tetap melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi orang lain terutama masyarakat sekitar” kata Anisa Yulia selaku panitia SPB 2017 (29/10). Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari pengunjung Car Free Day,  salah satunya Ais “Semangat mereka luar biasa. Di tengah pergaulan anak muda yang sudah tidak peduli dengan sekitar, mereka masih mau melakukan kegiatan sosial yang pastinya sangat menginspirasi.” Jelasnya saat diwawancarai diakhir pertunjukan flashmob (29/10).

(Radana & Elsa)

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *